Home > Ragam Berita > Nasional > Kabar Gembira, Kemristekdikti Tawarkan Program Beasiswa S3

Kabar Gembira, Kemristekdikti Tawarkan Program Beasiswa S3

Jakarta – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) yang diwakili Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti (SDID) bakal memberikan beasiswa peningkatan kualitas publikasi internasional (PKPI)/sandwich like untuk mahasiswa S-3. Program tersebut berfungsi mencukupi kebutuhan publikasi karya ilmiah oleh dosen pada jurnal bertaraf internasional.

Kabar Gembira, Kemristekdikti Tawarkan Program Beasiswa S3

Dana tersebut tersedia bagi dosen tetap dari perguruan tinggi negeri maupun swasta yang masih terdaftar dan masih aktif studi. Program tersebut memiliki jangka waktu sekurang-kurangnya tiga bulan dan tidak melewati Desember 2016.

Berdasar informasi yang diterima Harian Indo pada Selasa (12/4/2016), ada enam komponen biaya yang bakal ditanggung. Pertama, bench fee yang bersifat at cost dan maksimal 30 persen dari nilai tuition fee satu semester.

Kedua, biaya hidup (standar Ditjen SDID). Kaetiga, asuransi kesehatan, biaya buku, dan perjalanan pesawat untuk satu kali pulang-pergi (PP). Selain itu, beasiswa dibantu biaya pembuatan visa.

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pendaftar beasiswa adalah dosen tetap yang memiliki nomor induk dosen nasional (NIDN). Mereka pun terdaftar sebagai mahasiswa aktif S-3 pada program pascasarjana penyelenggara BPP-DN. Selanjutnya, peserta bakal dianggap lulus ujian proposal penelitian S-3 dengan promotor sudah tetap.

Selain itu, pendaftar beasiswa harus memiliki data awal yang dipakai untuk penulisan artikel pada jurnal internasional bereputasi. Selain itu, mereka harus mempunyai letter of acceptance (LoA) dan skor TOEFL minimal 500 atau IELTS minimal 5,5.

Untuk Langkah pertama, peserta dapat mendaftar online pada laman beasiswa.dikti.go.id/pkpi. Pendaftaran bakal dibuka pada 1–17 April 2016. Nah, untuk info lebih lanjut, pedoman lengkap PKPI 2016 dapat di-download di laman Kemristekdikti. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anies Tegaskan KJP Plus Jadi Program yang Diharapkan Warga Jakarta

Anies Tegaskan KJP Plus Jadi Program yang Diharapkan Warga Jakarta

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan program Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus masuk ...