Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Ingatkan Kepala Daerah untuk Tak Lakukan Korupsi

KPK Ingatkan Kepala Daerah untuk Tak Lakukan Korupsi

Jakarta – Pimpinan dan jajaran KPK bakal bertemu dengan gubernur dan kepala daerah. Mereka bakal membahas hasil Pilkada serentak di Sumatera Utara. KPK berharap kepala daerah tidak melakukan penyimpangan.

KPK Ingatkan Kepala Daerah untuk Tak Lakukan Korupsi

”Kami mengingatkan kepala daerah untuk membenahi sistem di lingkungannya, jangan sampai korupsi. Ini bagian dari fungsi pencegahan yang dilakukan KPK untuk mengimbangi upaya penindakan,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata pada Jumat (15/4/2016).

Alex menjelaskan, KPK mengawasi perencanaan dan penganggaran pengadaan barang/jasa atau pun proyek pembangunan. Sebab, korupsi biasanya terjadi di tahap tersebut.

”Ada intervensi dari DPRD, ada asprisai yang harus diikuti Pemda. Kalau sekadar aspirasi tanpa embel-embel nggak masalah, DPRD punya tugas menyalurkan aspirasi masyarakat, namun yang terjadi memperjuangkan perusahaan atau rekanan terkait proyek tersebut. Model seperti ini yang paling rawan,” tambahnya.

Karena itu, KPK mengumbau kepala daerah memperbaiki sistem perencanaan/penganggaran. Caranya, mengadopsi e-budgeting, menggunakan e-procurement dan e-katalog dalam pengadaan barang jasa, serta memperkuat inspektorat dari segi independensi dan kapasitas.

Selain itu, pelayanan perizinan satu pintu harus dibangun masing-masing pemda. Mereka pun harus membentuk komite integritas. Peran masyarakat dalam pengawasan pun harus dilibatkan.

Sementara itu, dalam catatan KPK, ada 26 kasus korupsi di Sumut sejak tahun 2007. Semuanya melibatkan wali kota, bupati, anggota DPRD, hingga Gubernur. Rata-rata, kasusnya adalah penyuapan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Mengerikan ! Inilah Video Truk Trailer Tabrak Motor di Medan, 3 Tewas

Mengerikan ! Inilah Video Truk Trailer Tabrak Motor di Medan, 3 Tewas

Medan – Sebuah truk trailer menabrak pengendara sepeda motor yang sedang menunggu antrean lampu merah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis