Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Terbaru : Lagi, Pesawat AS Dicegat MiG-31 saat Melintasi Kawasan Rusia

Berita Terbaru : Lagi, Pesawat AS Dicegat MiG-31 saat Melintasi Kawasan Rusia

Washington – Pesawat MiG-31 angkatan udara Rusia kembali mencegat pesawat pengintai milik Amerika Serikat (AS). Hal tersebut terjadi di dekat wilayah Kamchatka, Rusia Timur Jauh, pekan lalu.

Berita Terbaru : Lagi, Pesawat AS Dicegat MiG-31 saat Melintasi Kawasan Rusia

Nah, aksi tersebut hanya berselang sepekan dengan insiden sebelumnya. Yakni, dua pesawat Su-24 Rusia yang mencegat pesawat pengintai RC-135 AS di Laut Baltik.

”Pada 21 April, sebuah pesawat pengintai Patroli Maritim P-8 milik angkatan laut AS yang tengah melakukan misi penerbangan rutin di wilayah udara internasional dicegat oleh jet MiG-31 Rusia di pinggiran wilayah Semenanjung Kamchatka,” kata Juru Bicara Komando Pasifik Angkatan Laut AS Komandan Dave Benham sebagaimana diberitakan Washington Free Beacon pada Jumat (29/4/2016).

Dia mengungkapkan, pencegatan tersebut terjadi di dekat Kota Petropavlovsk-Kamchatsky. Hal tersebut pun dilakukan secara aman dan profesional.
”Pencegatan antara AS dan militer negara lain sering kali terjadi dan sebagian besar dilakukan secara profesional. Untuk pencegatan yang dirasa tidak profesional, AS mengambil tindakan yang diperlukan melalui jalur militer dan diplomatik,” tambahnya.

Seorang pejabat pertahanan yang mengetahui detail peristiwa tersebut menjelaskan, MiG-31 Rusia itu melintas dalam jarak sekitar 15 meter dari pesawat P-8 AS.

Nah, aksi itu hampir sama dengan dengan insiden pada 14 April. Yakni, saat pesawat Su-24 Rusia melintas dalam jarak dekat dan bermanuver di atas pesawat pengintai RC-135 AS di Laut Baltik. Setelah itu, Pentagon protes kepada Rusia atas insiden yang tidak profesional dan tidak aman tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gerakan Militer Myanmar Mendapat Dukungan Dari China

Gerakan Militer Myanmar Mendapat Dukungan Dari China

Jakarta – Menjadi pembicaraan utama, kali ini Cina berikan dukungan pada pihak militer Myanmar dalam ...