Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Inilah Alasan Harus Menonsumsi Pisang dan Pepaya saat Perut Bermasalah

Inilah Alasan Harus Menonsumsi Pisang dan Pepaya saat Perut Bermasalah

Jakarta – Buah pisang sering dikonsumsi saat diare. Pepaya pun dianjurkan saat Anda sulit buang air besar (BAB). Namun, apakah Anda tau alasannya?

Inilah Alasan Harus Menonsumsi Pisang dan Pepaya saat Perut Bermasalah

”Pisang seratnya memang lebih tinggi dari pepaya, tapi kenapa tidak dianjurkan? Karena pisang mengandung pektin. Pektin membuat kotoran jadi keras,” kata Konsultan Gastrohepatologi Anak, Dr Badriul Hegar Ph.D SpA(K) pada Sabtu (30/4/2016).

Selain itu, pepaya mengandung selilosa. Itu bagus untuk kotoran yang tertahan di tubuh. Namun, Anda tidak mengonsumsi pepaya di saat kita atau si Kecil mengalami konstipasi (sulit BAB).

”Kekurangan serat memang bisa membuat kotoran keras, tetapi mengobati bukan dengan meninggikan seratnnya. Berikan serat sesuai kebutuhan saja. Semakin tinggi serat pun tidak bagus,” ujar Hegar.

Hegar selalu menganjurkan pasiennya untuk mengonsumsi beragam jenis serat. Jangan pagi makan pepaya, siang makan pepaya lagi, dan malam makan pepaya lagi.

”Tapi harus ada kacang, pepaya, dan sayurnya. Harus saling melengkapi satu dan lainnya. Namun, jangan berikan pisang,” kata Hegar. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Beberapa Cara Sederhana Untuk Hindari Difteri Yang Sedang Mewabah

Beberapa Cara Sederhana Untuk Hindari Difteri Yang Sedang Mewabah

Jakarta – Difteri akhir-akhir ini sudah menjadi wabah yang sangat bahaya di Indonesia. Difteri (diphteria) ...