Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Hemat : Catat Semua Pengeluaranmu!

Tips Hemat : Catat Semua Pengeluaranmu!

Jakarta – Semua individu pastinya ingin sukses dalam mengelola keuangannya. Salah satu motivasi adalah ingin membeli semua barang yang diinginkan tanpa perlu berpikir terlalu lama. Ingin bel ya tinggal beli. Hmm, sayangnya untuk mencapai keberhasilan dalam finansial salah satu caranya adalah dengan hidup hemat.

Tips Hemat : Catat Semua Pengeluaranmu!

Seperti dilansir dari vemale.com (Sabtu, 30/4/2016), mulai menabung merupakan salah satu cara untuk berhemat dan mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting. Seringkali saat kita berniat untuk hemat lupa untuk berkomitmen menjaga kestabilan keuangan kita. Mencatat semua pengeluaran adalah salah satu trik untuk hidup hemat.

Mencatat seluruh pengeluaran secara detail selama satu bulan sangat membantu kamu dalam menerapkan pola hidup hemat. Saat kamu membaca ulang catatan pengeluaran kamu, saat itulah kamu akan tahu pengeluaran apa saja yang seharusnya tidak perlu kamu keluarkan. Fungsi catatan ini juga berfungsi sebagai bahan evaluasi dalam mengatur dan mengelola keuangan.

Ketika akan membelanjakan penghasilan kamu selalu prioritaskan pengeluaran rutin kamu. Pengeluaran rutin ini bisa seperti biaya tempat tinggal, transportasi, rumah tangga, dan kebutuhan makan. Setelah menyusun pengeluaran rutin kamu baru menyisihkan untuk anggaran lain-lain.

Menyisihkan anggaran rutin akan membantu kamu dalam menyusun serta membagi pos pengeluaran kamu sehingga tidak berantakan. Selain itu kamu juga harus konsisten dalam menabung. yang perlu kamu catat, menabung merupakan dari pengeluaran rutin dan jangan menabung dari sisa gaji kamu saat ini.

Pengeluaran terbesar seseorang adalah memenuhi gaya hidup. Bergaya sesuai dengan kemampuan kita akan membuat kamu terbebas dari pola hidup boros. Kurangi nongkrong di kafe, nonton dan belanja yang tidak perlu lainnya. Beli satu barang karena kamu memang membutuhkan bukan karena menutupi gengsi. Selamat mencoba. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Hati-Hati, Pecahkan Jerawat di Area Ini Dapat Berdampak Besar

Hati-Hati, Pecahkan Jerawat di Area Ini Dapat Berdampak Besar

Jakarta – Pada dasarnya, Anda tidak anjurkan untuk memecahkan jerawat di wajah Anda, apalagi jerawat ...