Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 5 Hal Penyebab kegemukan

5 Hal Penyebab kegemukan

Jakarta – Harian Indo akan menghadirkan lima hal utama yang menyebabkan terjadinya kegemukan. Simak pembahasan berikut yang dilansir dari vemale.com (Sabtu, 30/4/2016):

5 Hal Penyebab kegemukan

Kurang Tidur

Proses metabolisme tubuh dapat bekerja dengan baik jika tubuh kita cukup beristirahat. Jika kurang istirahat, tubuh dapat mengalami stres yang mengakibatkan reaksi kimia dalam tubuh meningkat, hal ini akan merangsang timbulnya nafsu makan. Beberapa orang percaya bahwa makan sebelum waktu tidur akan membuat tidur lebih nyenyak, namun yang sebenarnya terjadi adalah Anda sedang menabung lemak dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, tidurlah sekitar 8 jam dalam sehari.

Stres Tinggi

Stres ternyata juga dapat menjadi faktor penunjang kenaikan berat badan. Jika mengalami stres, beberapa orang memiliki kecenderungan untuk lari pada makanan. Hal ini dikarenakan makanan, terutama yang mengandung unsur karbohidrat tinggi, dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak, sehingga timbul efek menenangkan. Oleh karena itu, jika stres melanda, carilah kegiatan lain untuk meredakannya, misal dengan berolah raga.

Pengaruh Obat-Obatan

Efek setiap obat memang berbeda-beda bagi konsumennya. Ada yang dapat menimbulkan efek ngantuk, meningkatkan nafsu makan, mengubah gula darah menjadi lemak, dan sebagainya. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter ahli tentang obat maupun vitamin yang Anda konsumsi.

Kesehatan Bermasalah

Salah satu penyebab lain mengapa badan mudah melar adalah hipotiroidism. Hipotiroidism adalah gangguan tubuh yang diakibatkan oleh kurangnya produksi hormon tiroid dalam tubuh seseorang. Kekurangan tiroid menyebabkan metabolisme tubuh kurang lancar, nafsu makan berkurang, dan bertambahnya bobot badan. Gejala penderita gangguan ini adalah mudah lelah dan lesu, suara serak, gampang terserang flu, mudah mengantuk (sehingga banyak tidur), atau mudah pusing. Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas segera periksa ke dokter.

Menopause

Saat memasuki masa menopause, kaum wanita tidak lagi seenerjik seperti saat masih muda dulu. Proses metabolisme tubuh melambat dan sistem hormon berubah (hormon estrogen makin berkurang), sehingga timbul nafsu makan berlebih, depresi, bahkan kurang tidur. Oleh karena itu sangat dianjurkan mulai dari sekarang, sebelum bahkan sampai masa menopause tiba, agar tiap wanita memiliki waktu olah raga yang rutin. Selain baik untuk kesehatan, kebugaran, menjaga bobot tubuh tetap stabil, rajin berolah raga juga dapat menguatkan tulang Anda. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

6 Perubahan Paling Jelas dari Wanita Setelah Melahirkan

6 Perubahan Paling Jelas dari Wanita Setelah Melahirkan

Jakarta – Bagi sebagian besar wanita, masa kehamilan merupakan saat yang tak dapat dilupakan. Bentuk ...