Home > Ragam Berita > Internasional > Korut Bakal Hentikan Program Nuklir jika AS Lakukan Hal Serupa

Korut Bakal Hentikan Program Nuklir jika AS Lakukan Hal Serupa

Pyongyang – Kongres Partai Buruh telah memasuki hari ketiga. Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un pun membahwa isu pembangunan ekonomi dan isu nuklir. Selama ini sejumlah negara telah mempermasalahkan hal tersebut. Termasuk, Korea Selatan (Korsel).

Korut Hentikan Bakal Hentikan Program Nuklir jika AS Lakukan Hal Serupa

Kim Jong-un megungkapkan, Korut akan bakal melakukan Repelita alias rencana (pembangunan) ekonomi lima tahun. Model tersebut telah dilakukan Indonesia di rezim Presiden Soeharto pada masa silam.

Selama ini, ekonomi Korut diblokir. Hal tersebut dilakukan menyusul sejumlah sanksi PBB terkait dengan program nuklir Korut.

Karena masalah nuklir tersebut, Kim Jong-un menegaskan bahwa negaranya tidak akan memakai senjata pemusnah massal itu. Namun, ada sebuah pengecualian. Yakni, kedaulatan Korut sedang terancam.

Berdasar pantauan Harian Indo pada Selasa (10/5/2016), Putra Kim Jong-il dan cucu Kim Il-sung tersebut sebenarnya bersedia melakukan denuklirisasi. Syaratnya, Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya tidak lagi melangsungkan program nuklir masing-masing. Nah, syarat tersebut yang tidak bisa dituruti AS.

”Korea Utara dengan tulus akan memenuhi kewajiban non-proliferasi (perkembangan) senjata nuklir dan mau bekerja sama agar dunia bebas nuklir dengan syarat negara-negara lain juga menghentikan perkembangan nuklir tersebut,” kata Kim Jong-un. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gedung Parlemen Inggris Dilanda Teror, Dua Korban Tewas

Gedung Parlemen Inggris Dilanda Teror, Dua Korban Tewas

London – Setidaknya dua orang tewas, salah satunya seorang perempuan, dan beberapa lainnya mengalami luka ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis