Home > Ragam Berita > Internasional > Korut Bakal Hentikan Program Nuklir jika AS Lakukan Hal Serupa

Korut Bakal Hentikan Program Nuklir jika AS Lakukan Hal Serupa

Pyongyang – Kongres Partai Buruh telah memasuki hari ketiga. Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un pun membahwa isu pembangunan ekonomi dan isu nuklir. Selama ini sejumlah negara telah mempermasalahkan hal tersebut. Termasuk, Korea Selatan (Korsel).

Korut Hentikan Bakal Hentikan Program Nuklir jika AS Lakukan Hal Serupa

Kim Jong-un megungkapkan, Korut akan bakal melakukan Repelita alias rencana (pembangunan) ekonomi lima tahun. Model tersebut telah dilakukan Indonesia di rezim Presiden Soeharto pada masa silam.

Selama ini, ekonomi Korut diblokir. Hal tersebut dilakukan menyusul sejumlah sanksi PBB terkait dengan program nuklir Korut.

Karena masalah nuklir tersebut, Kim Jong-un menegaskan bahwa negaranya tidak akan memakai senjata pemusnah massal itu. Namun, ada sebuah pengecualian. Yakni, kedaulatan Korut sedang terancam.

Berdasar pantauan Harian Indo pada Selasa (10/5/2016), Putra Kim Jong-il dan cucu Kim Il-sung tersebut sebenarnya bersedia melakukan denuklirisasi. Syaratnya, Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya tidak lagi melangsungkan program nuklir masing-masing. Nah, syarat tersebut yang tidak bisa dituruti AS.

”Korea Utara dengan tulus akan memenuhi kewajiban non-proliferasi (perkembangan) senjata nuklir dan mau bekerja sama agar dunia bebas nuklir dengan syarat negara-negara lain juga menghentikan perkembangan nuklir tersebut,” kata Kim Jong-un. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Berhijab di Tiongkok, Wanita Ini Sempat Dianggap Gila

Berhijab di Tiongkok, Wanita Ini Sempat Dianggap Gila

Jakarta – Sudah menjadi sebuah rahasia umum bila hijab adalah identitas wanita musim. Namun ternyata ...