Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Olahraga Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Olahraga Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Jakarta – Hasil penelitian yang dipublikasikan oleh JAMA Internal Medicine menunjukkan, olahraga secara rutin membantu mengurangi risiko terkena kanker.

Olahraga Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Steven Moore, seorang epidemiologis kanker di National Cancer Institut mengadakan survei data sebanyak 1,4 juta responden yang melaporkan aktivitas fisik mereka selama 11 tahun. Mereka berasal dari Eropa dan Amerika dengan 26 tipe kanker.

Secara keseluruhan, mereka yang berolahraga lebih sering memiliki risiko 7 persen lebih rendah untuk mengalami segala jenis kanker, dibandingkan mereka yang jarang berolahraga. Namun, penurunan tersebut lebih terlihat pada 13 jenis kanker.

Penurunan risiko kanker setelah berolahraga rutin paling signifikan terlihat pada kanker di bagian kerongkongan, paru-paru, ginjal, perut, dan endometrium. Penurunan terjadi sebanyak 20 persen.

Sementara itu, olahraga tidak banyak memberi dampak positif untuk penurunan risiko kanker usus besar, kandung kemih, dan payudara.

“Semua tahu bahwa olahraga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung. Namun, jika tahu bahwa olahraga juga bisa mengurangi risiko kanker, mereka mungkin akan lebih bersemangat lagi,” ujar Moore seperti dilansir dari Time (Selasa, 17/5/2016).

Namun, perlu Anda ketahui jika penurunan risiko kanker tak hanya dipengaruhi oleh olahraga, tetapi juga indeks massa tubuh (BMI), diet yang dilakoni, dan kebiasaan merokok.

Moore juga merasa penelitianini masih bias, dan dibutuhkan penelitian lanjutan untuk menemukan olahraga apa yang secara spesifik dapat membantu pencegahan terbentuknya sel kanker. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Tidur Siang?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Tidur Siang?

Jakarta – Bagi masyarakat di perkotaan, tidur siang menjadi hal yang cukup berharga di tengah ...