Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Cara Mendeteksi Kelainan Tiroid pada Bayi

Cara Mendeteksi Kelainan Tiroid pada Bayi

Jakarta – Penyakit tiroid bisa menyerang siapa saja. Bahkan, bayi yang baru lahir sekalipun.

Cara Mendeteksi Kelainan Tiroid pada Bayi

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian bawah leher, atau juga yang dikenal dengan kelenjar gondok. Kelenjar ini berfungsi dalam proses metabolisme, dan memproduksi hormon yang memengaruhi setiap sel, jaringan dan organ tubuh.

Pada anak-anak, hormon tiroid berguna untuk mendukung perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. Jika tiroid mengalami gangguan, maka perkembangan anak pun mengalami gangguan. Anak yang mengalami gangguan tiroid sejak lahir (hipotiroid konginetal) biasanya mengalami retardasi mental atau gangguan perkembangan intelegensi.

Penyakit tiroid pada anak bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti sang anak memang tak memiliki kelenjar tiroid sama sekali, kelenjar tiroid tidak tumbuh pada tempatnya, kelenjar tiroid tumbuh namun tidak sesuai ukuran seharusnya, atau tidak berfungsinya kelenjar tersebut.

Guna mengetahui apakah bayi memiliki gangguan tiroid atau tidak, perlu untuk dilakukan skrining.

“Baiknya skrining dilakukan 48-72 jam setelah lahir atau usia 1-3 bulan. Itu bila muncul beberapa gejala seperti gangguan tiroid pada umumnya,” ujar dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp(A)K, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam edukasi kesehatan bertema Waspada Gangguan Tiroid, di Jakarta, Selasa (24/5/2016). (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Jakarta – Diet dilakukan dengan membatasi asupan kalori, karbohidrat, dan lemak yang masuk kedalam tubuh ...