Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Alasan Utama Anda Harus Mengonsumsi Sayur dan Buah

Alasan Utama Anda Harus Mengonsumsi Sayur dan Buah

Jakarta – Aktivitas padat serta pola hidup tidak sehat akan membuat stamina tubuh menjadi mudah turun. Untuk menghindarinya, diperlukan dua zat penting, yaitu vitamin dan mineral.

Alasan Utama Anda Harus Mengonsumsi Sayur dan Buah

Sayangnya, kedua zat tersebut tidak dihasilkan secara otomatis dari dalam tubuh.

“Vitamin dan mineral diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan untuk menangkal radikal bebas dan polusi udara sehingga tubuh tetap terjaga,” ujar dokter spesialis gizi klinik, Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) dalam edukasi kesehatan bertajuk Peran Vitamin dan Mineral dalam Menjaga Kesehatan, di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Berbagai sumber dari vitamin dan mineral bisa diperoleh dari konsumsi sayur dan buah yang dapat berperan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, mencegah berbagai penyakit degeneratif dan berbagai manfaat Iainnya.

Namun sayangnya, masyarakat Indonesia masih belum menyadari pentingnya konsumsi buah dan sayur. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, proporsi rerata nasional konsumsi kurang sayur dan buah pada penduduk berusia di atas 10 tahun mencapai 93,5 persen.

Sementara itu, menurut data Litbang Departemen Pertanian 2013, tingkat konsumsi buah dan sayuran per kapita hanya sebesar 34,55 kg/tahun dan 40,35 kg/tahun.

Angka tersebut jauh di bawah rekomendasi Food Agriculture Organization (FAO).

Vitamin dan mineral sendiri todak hanya ada pada buah dan sayur, tetapi juga pada kacang-kacangan, ikan, dan susu rendah lemak.

“Walaupun hanya diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit, namun fungsi vitamin dan mineral sebagai zat pengatur dan pelindung sangat panting untuk mendorong pertumbuhan sel-sel tubuh serta menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh,” kata dr. Samuel.

Perlu diketahui apabila kebutuhan vitamin yang lengkap dan seimbang dari A hingga zinc harus dapat tercukupi dengan baik agar sistem dalam tubuh dapat bekerja dengan maksimal. Beberapa sistem tersebut adalah siatem detoksifikasi, sistem inflamatorik, sistem metabolik, sistem regenerasi, siatem regulatorik, dan sistem imunitas tubuh. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Obat untuk Diabetes Tipe 2 Telah Ditemukan

Obat untuk Diabetes Tipe 2 Telah Ditemukan

Jakarta – Benarkah diabetes tidak dapat disembuhkan? Jika dahulu penyakit kronis ini seringkali disebut sebagai ...