Home > Ragam Berita > Nasional > Deddy : Ormas Islam Bisa Lakukan Sweeping dengan Santun saat Ramadan

Deddy : Ormas Islam Bisa Lakukan Sweeping dengan Santun saat Ramadan

Jakarta – Ramadan segera tiba. Biasanya, saat bulan suci itu datang, ada berbagai ormas yang melakukan razia atau sweeping. Dedy Mizwar pun menyatakan bahwa hal tersebut adalah suatu hal yang wajar jika dilakukan secara santun.

Deddy : Ormas Islam Bisa Lakukan Sweeping dengan Santun saat Ramadan

Namun, hal tersebut memancing reaksi. Deddy dianggap tidak memahami statusnya sebagai pemerintah. Yakni, menjaga ketertiban. ”Mungkin sebaiknya Deddy Mizwar jadi aktor aja deh. Aktingnya keren. Tapi sebagai wakil gubernur Jawa Barat, dia payah,” kata akademisi Universitas Indonesia (UI) Ade Armando di akun Facebook miliknya, Selasa (31/05/2016).

Ade menampik pernyataan Deddy bahwa Ormas bisa melakukan sweeping dengan santun. ”Kang Deddy harus tahu aksi sweeping memang tidak akan santun. Sweeping ya menyapu. Kalau cuma datang baik-baik, namanya bukan menyapu, tapi menasehati. Dan mana pernah aksi sweeping dilakukan dengan sopan?” tegas Ade.

Senada dengan Ade, intelektual Islam Mohammad Monib menyatakan jika Ormas yang kerap melakukan sweeping tidak mencerminkan wajah Islam. “Tak kutemukan Islam saat gerombolan ini bergerak. Tak kudapatkan Islam saat lasykar ini bekerja model begini,” katanya.

Sebelumnya, Deddy mengakui tidak keberatan dengan aksi sweeping yang biasanya marak dilakukan sejumlah organisasi masyarakat Islam saat Ramadan.

”Tapi sebaiknya santun, sebagaimana yang diajarkan oleh Islam,” ujarnya di Bandung, Rabu (25/05/2016). Deddy mengatakan aksi sweeping yang dilakukan dinilainya sebagai reaksi karena aparat hukum dan pemerintah melakukan pembiaran.

”Karena petugas tidak bisa melakukannya. Cuma persoalannya jadi anarkis, itu yang salah. Kalau sweeping sopan, bagus, tapi kalau dengan anarkis, tidak,” tuturnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ledakan di Kampung Melayu : 2 Orang Tewas, 5 Luka-Luka

Ledakan di Kampung Melayu : 2 Orang Tewas, 5 Luka-Luka

Jakarta – Wakapolri Komjen Syafruddin menyebutkan bahwa 7 orang menjadi korban, 2 orang tewas dan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis