Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terkini : Ketua MA Bersih dari Intervensi Kasus Kadim Jatim

Berita Terkini : Ketua MA Bersih dari Intervensi Kasus Kadim Jatim

Jakarta – Ketua MA Hatta Ali tidak melakukan intervensi dalam kasus dugaan korupsi dana hibah Kadin Jatim‎ sebesar Rp5 miliar. Hal tersebut ditegaskan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar. Sebagaimana diketahui, kasus tersebut menyeret nama Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattalitti.

Berita Terkini : Ketua MA Bersih dari Intervensi Kasus Kadim Jatim

”Ketua MA melakukan distribusi perkara MA, tapi yang menentukan distribusinya itu saya. Kalau ada yang mengatur itu tidak pernah terjadi karena Hakim di MA itu profesional, memiliki skill dan kapasitas dalam hukum, jam terbangnya juga tinggi,” kata Artidjo‎ pada Selasa (7/6/2016).

Artidjo menjelaskankan, pihaknya tidak mendapat catatan apa pun. Hal tersebut diungkapkan saat mendistribusi perkara yang menyeret nama keponakan Ketua MA Hatta Ali tersebut.

”Apalagi yang menangani korupsi. Itu pasti profesional. Pak Ketua tidak punya sifat seperti itu, saat saya distribusikan tidak ada catatan apa pun!” tegasnya.

Artidjo juga menceritakan kasus korupsi yang melibatkan mantan Menpora di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Andi Malarangen. Kala itu, Hatta Ali tidak sedikitpun memberikan bantuan hukum kepada Andi yang juga merupakan kerabat dekatnya.

”‎Saat kasus Pak Andi juga tidak ada catatan apapun. Saya menjawab ini sebagai bukti bahwa Ketua MA tidak pernah mengintervensi apapun,” ungkap dia.

Dia menambahkan, MA telah menjamin idependensi Hatta Ali. Karena sebagai hakim, kata Artidjo, para “Wakil Tuhan” selalu bekerja sesuai fakta hukum yang berdasarkan kebenaran yang mampu dipertanggungjawabkan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gathot Harsono Ditetapkan Bareskrim sebagai Tersangka Korupsi

Gathot Harsono Ditetapkan Bareskrim sebagai Tersangka Korupsi

Jakarta – Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri menetapkan President (SVP) Asset Management PT Pertamina, ...