Home > Ragam Berita > Nasional > Kemensos Bakal Segera Melakukan Pencairan Dana PKH

Kemensos Bakal Segera Melakukan Pencairan Dana PKH

Jakarta – Kementerian Sosial (Kemensos) bakal melakukan pencairan dana program keluarga harapan (PKH). Pencairan tersebut adalah tahap kedua. PKH bakal diberikan kepada masyarakat. Namun, syaratnnya mereka adalah yang kurang mampu.

Kemensos Bakal Segera Melakukan Pencairan Dana PKH

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pun bakal turun tangan langsung untuk mencairkan dana PKH tahap kedua terebut di Kalimantan Barat. Nah, bantuan tersebut bakal berkonsentrasi di dua titik. Yakni, Pontianak dan Kabupaten Mempawah.

Di Pontianak ada enam kecamatan dengan penerima bantuan 2.905 keluarga. Sementara Kabupaten Mempawah ada sembilan kecamatan dengan jumlah penerima PKH 1.180 keluarga.

”Momen pencairan dibagi dalam empat tahap. Yang pertama April, kedua Juni, ketiga September, dan yang keempat Desember,” kata Khofifah melalui keterangan tertulisnya pada Senin (13/6/2016).

Khofifah mengatakan, ada tiga kategori penerima PKH, yakni dari keluarga yang disebut golongan sangat miskin. Yakni anak yang berusia 0-6 tahun, anak di bawah usia 18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar, dan ibu hamil atau yang baru melahirkan.

”Dana total PKH ialah Rp1,2 juta setahun dan dibagikan empat kali secara bertahap,” kata Khofifah.
Khofifah menambahkan, sampai saat ini pihaknya terus berupaya menyalurkan dana PKH kepada masyarakat, di mana pada 2016 dari benefit yang ada, ibu hamil, bayi, balita, mendapat Rp1,2 juta.

”Ibu hamil dapat Rp1,2 juta, itu semua berlaku bagi penerima PKH. Jadi, tidak semua ibu hamil dapat Rp1,2 juta, khusus yang masuk dalam program ini saja,” katanya. (Tita Yanuantari – harianinido.com)

x

Check Also

Inilah Alasan Djarot Tidak Mau Berikan Gaji kepada Staf Ahli DPRD DKI

Inilah Alasan Djarot Tidak Mau Berikan Gaji kepada Staf Ahli DPRD DKI

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menolak membiayai gaji tenaga ahli anggota Dewan ...