Home > Ragam Berita > Nasional > Mantan Ketua MK Menilai Indonesia Lebih Hemat Jika Terapkan Hukum Islam

Mantan Ketua MK Menilai Indonesia Lebih Hemat Jika Terapkan Hukum Islam

Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Hamdan Zoelva, meyakini jika Negara Indoesia ini akan bisa lebih menghemat anggaran jika menerapkan hukum islam. Hal ini diungkapkannya pada saat menghadiri acara bedah buku “Penegakan Syariat Islam di Indonesia” karya almarhum Prof DR Rofyal Ka’bah di Depok, Sabtu (18/6/2016).

Mantan Ketua MK Menilai Indonesia Lebih Hemat Jika Terapkan Hukum Islam

Hamdan Zoelva mengatakan bahwa jadi dari aspek pidana islam ini mungin bisa untuk diambil saripatinya seperti dimungkinkan alternatif hukuman lain yang tak semata-mata penjara namun penggantinya itu dengan pemaafan dan diyat, dan hal itu disebut dengan restorative justice. Hamdan menambahkan bahwa dengan dimungkinkanna penerapan bentuk hukuman lain dalam kasus pidana ini maka akan lebih mengedepankan pertobatan dan juga pemaafan.

Hamdan menuturkan bahwa dengan adanya sistem ini nanti maka kehidupan bisa menjadi lebih damai arena penghukuman secara filosofis tak sekedar memenjarakan orang yang bertindak kejahatan namun juga membangun keadilan dan kedamaian. Hamdan menambahkan bahwa hal ini pun juga akan mengurangi tanggung jawab negara dengan membiayai memberi makan orang di penjara dan hal itu akan menghemat anggaran negara. (Rini Masriyah – Harianindo.com)

x

Check Also

Dinilai Janggal, Anies Rombak Delapan Pergub

Dinilai Janggal, Anies Rombak Delapan Pergub

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada delapan peraturan gubernur (pergub) yang dikeluarkan ...