Home > Ragam Berita > Nasional > Mudik Lebaran 2016 : Menteri Jonan Ingatkan Utamakan Keselamatan Penumpang

Mudik Lebaran 2016 : Menteri Jonan Ingatkan Utamakan Keselamatan Penumpang

Jakarta – Ignatius Jonan selaku Menteri Perhubungan menegaskan pentingnya aspek keselamatan dalam mudik dan balik Lebaran 2016. Oleh karenanya, kata dia, seluruh moda transportasi harus dipastikan kelayakannya sebelum berangkat mengangkut penumpang.

Mudik Lebaran 2016 : Menteri Jonan Ingatkan Utamakan Keselamatan Penumpang

“Saya tetap minta apabila sarananya tidak layak berangkat saat keberangkatan lebih baik ditunda. Targetnya bukan tepat waktu saja tapi tiba dengan selamat. Kalau terlambat 1 jam, 2 jam, sehari pun enggak apa-apa karena kalau kecelakaan terlambatnya lebih sehari,” tegas Jonan saat Apel Kesiapan Operasi Lebaran, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (24/6/2016).

Jonan menambahkan, sejak 6 Juni 2016, Kementerian Perhubungan telah inspeksi ke seluruh moda transportasi yang akan melayani para pemudik. Lebih dari 500 angkutan udara dan 1.065 angkutan laut sudah diperiksa.

“Harus pemeriksaan diulang untuk pengecekan apakah alat keselamatan tersedia dan bisa digunakan. Jangan ada sekoci enggak bisa diturunkan, ada pelampung enggak bisa digunakan,” imbuh Jonan.

Sarana keselamatan tidak banyak yang harus diperiksa, namun yang harus diperhatikan adalah dari sisi prasarana, seperti cuaca dan rel.

“Harus diperiksa lagi wilayah rawan longsor atau bencana alam. Saya dapat info dari BMKG dalam 1-2 minggu cuaca ke depan kurang bersahabat terutama Jawa Barat dan selatan Jawa Tengah harus diperhatikan relnya,” ujar mantan Dirut PT KAI itu.

Aspek keselamatan menurutnya menjadi salah satu hal yang jadi perhatian Presiden Jokowi. Sehingga menekan angka kecelakaan menjadi hal yang wajib dilakukan.

“Tahun lalu perhitungan dari H-7 hingga H+7 korban meninggal lebih 700 jiwa semuanya terjadi di jalan raya. Jadi ini juga satu tugas besar. Kita berusaha mengurangi beban dan jumlah kematian akibat kecelakaan,” pungkas Jonan. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Tanggapan Wiranto Terkait Rencana Aksi 313

Inilah Tanggapan Wiranto Terkait Rencana Aksi 313

Jakarta – Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto ikut menanggapi rencana aksi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis