Home > Teknologi > Sains > Berita Sains : NASA Terus Mencari Bukti Sampel Air di Mars

Berita Sains : NASA Terus Mencari Bukti Sampel Air di Mars

California – Selama tahun lalu, NASA mendapati berbagai banyak bukti. Hal tersebut terkait dengan zat cair di Mars. Dengan demikian, Planet Merah tersebut diketahui memang pernah terdapat danau dan air beku. Letaknya pun berada di pegunungan.

Berita Sains : NASA Terus Mencari Bukti Sampel Air di Mars

Nah, temuan tersebut pun terus dikembangkan. Dengan demikian, NASA bakal mencari dan mengumpulkan sampel lain. Mereka pun berencana memakai rover Curioisity.

Robot Coriosity sudah berada di dekat Kawah Gale Mars dan ia akan melakukan perjalanan untuk memeriksa sepasang celah di sisi Mount Sharp. Secara khusus, NASA mengirimkan Curiosity untuk menyelidiki lereng atau RSL secara berkala. Ini adalah garis-garis vertikal yang muncul di lereng bukit, menciptakan musim ketika suhu permukaan naik cukup untuk mencairkan air dan mengalir ke bawah, kemudian menggusur pasir di sepanjang jalan.

Sebagaimana diberitakan Slash Gear pada Senin (27/6/2016), NASA percaya dua celah atau selokan merupakan lokasi RSL. Sehingga NASA ingin Curiosity masuk ke posisi yang dapat mengambil gambar lebih baik dari apa yang telah dilihat sebelumnya. Lembaga Antariksa itu mengatakan, Curiosity diharapkan untuk mendapatkan foto-foto ini dalam waktu satu tahun agar kemudian dapat mempelajari mereka untuk mengonfirmasi RSL dan bukan sesuatu seperti debu dan pasir bergerak.

Jika RSL dikonfirmasi, mereka akan mencoba mengirim rover untuk mengumpulkan sampel dan analisis kinerja dengan Curiosity. Sayangnya, ini tidak akan membuat mereka melakukan hal seperti mengonfirmasi kehidupan di Mars, namun NASA percaya temuan akan berguna dalam perencanaan misi masa depan untuk Planet Merah ini.

x

Check Also

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Jakarta – Melakukan perjalan ke luar angkasa mungkin bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Tak hanya ...