Home > Ragam Berita > Nasional > Kepala BPOM Medan Ingatkan Dampak Penggunaan Vaksin Palsu

Kepala BPOM Medan Ingatkan Dampak Penggunaan Vaksin Palsu

Medan – Alibata Harahap selaku Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan menghimbau masyarakat untuk berperan serta mengawasi adanya peredaran vaksin palsu di Medan. Alibata mengungkaokan, banyak sekali toko-toko obat yang tidak terjangkau oleh BBPOM Medan.

Kepala BPOM Medan Ingatkan Dampak Penggunaan Vaksin Palsu

“Ya, sejauh ini memang masih belum kami temukan di Medan. Namun, jika ada informasi, silahkan melaporkannya ke BBPOM agar kami tindaklanjuti,” katanya, Selasa (28/6/2016).

Alibata menambahkan, memang tidaklah meudah membedakan mana vaksin palsu dan mana vaksin asli. Ia menyebut, untuk mengetahui perbedaannya, haruslah melalui proses pemeriksaan di laboratorium.

“Mungkin bisa juga dilihat dari kemasannya. Kalau ragu, sebaiknya tidak usah digunakan. Dan ditanya, darimana sumber vaksin itu,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Usma Polita telah memperingatkan semua pihak wajib mewaspadai peredaran vaksin palsu. Sebab, jika vaksin palsu ini disuntikkan ke tubuh kita, maka vaksin palsu itu akan menjadi racun.

“Dampak dari vaksin palsu ini sangat berbahaya. Vaksin inikan tujuannya mengimunitas tubuh. Kalau vaksin dipalsukan, tentu akan menjadi virus yang mematikan bagi diri kita. Bisa meracuni tubuh,” kata Usma. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Ini Dia Tiga Manfaat Yang Didapat Menurut DPR Bila Sidang Itsbat Ditiadakan

Ini Dia Tiga Manfaat Yang Didapat Menurut DPR Bila Sidang Itsbat Ditiadakan

Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memandang perlu untuk dibuat kalender Hijriyah permanen sehingga setiap ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis