Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terkini : Laode Terkejut lantaran Ada Hakim yang Mendapat Suap

Berita Terkini : Laode Terkejut lantaran Ada Hakim yang Mendapat Suap

Jakarta – Laode M. Syarif kaget, Sebab, wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut mendapat kabar bahwa ada hakim yang mendapat suap.

Berita Terkini : Laode Terkejut lantaran Ada Hakim yang Mendapat Suap

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa keterlibatan hakim dalam kasus korupsi adalah hal yang sangat mengejutkan. Sebab, dia merupakan mantan pengajar di Mahkamah Agung (MA). Pihaknya pun turut membikin pedoman perilaku hakim.

”Panitera, hakim terlibat dalam suap-menyuap. Saya pernah mengajar pedoman perilaku hakim sangat mengejutkan,” ujar Laode di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2016).

Karena itu, Laode berharap pengungkapan kasus suap yang melibatkan panitera pengganti PN Jakarta Pusat, yang tidak menutup kemungkinan adanya keterlibatan hakim menjadi perkara yang terakhir. Selain itu, ia meminta agar lembaga terkait melakukan reformasi sistem peradilan di Indonesia.

”Kasus ini dikembangkan dari laporan masyarakat. Semoga kejadian ini jadi pelajaran untuk mereformasi peradilan di Indonesia agar tidak terjadi lagi di masa yang akan datang,” tambahnya.

Laode menegaskan, hakim merupakan penegak hukum yang memiliki gaji tertinggi. Alhasil, ia menepis anggapan perilaku korupsi disebabkan oleh minimnya bayaran yang diterima dari negara.

”Hakim adalah penegak hukum yang gajinya tertinggi, hakim yang baru diangkat saja sudah Rp10 juta ke atas. Remunerasi tidak bisa lagi dijadikan alasan. Itu hanya untuk hakim belum untuk panitera. Kami harap MA kerjasama dengan lembaga lain dibuat program pengembangan kapasitas. MA punya blue print bagus tinggal dilaksanakan,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anies Tolak Komentari Pelaporan Dirinya Ke Polda Metro Jaya

Anies Tolak Komentari Pelaporan Dirinya Ke Polda Metro Jaya

Jakarta – Viralnya pelaporan yang dilakukan pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penyebutan istilah ...