Home > Olahraga > Bola > Foto Mudik 2016 : Kendaraan Mulai Mengular Di di Pantura Brebes

Foto Mudik 2016 : Kendaraan Mulai Mengular Di di Pantura Brebes

Jakarta – Menjelang hari raya Idul Fitri ini, peningkatan jumlah kendaraan pemudik di jalur pantura Jawa Tengah.

Foto Mudik 2016 : Kendaraan Mulai Mengular Di di Pantura Brebes

Pada H-4, puluhan ribu kendaraan pemudik melintas sejak dinihari dalam waktu hampir bersamaan, membuat antrian kendaraan mengular hingga mencapaio 35 kilometer.

Hasil pantauan Harian Indo seperti dilansir dari Media Indonesia, Sabtu (2/7/2016), antrean panjang kendaraan terjadi di Tol Penjagan Brebes Timur hingga jalur pantura Kabupaten Tegal dan rata-rata Jakarta- Brebes harus ditempuh mencapai 13 jam. Kepolisian terus melakukan upaya agar tidak sampai terjadi kemacetan dengan melakukan rekayasa lalu lintas lawan arah (Contra Flow) dari Pantura Pejagan-Bulakamba-Wanasari-Brebes-Kota Tegal-Larangan, Kabupaten Tegal yakni dengan system 3:1 yakni tiga lajur ruas jalan di pantura untuk kendaran dari arah barat (Jakarta) dan satu lajur tersisa untuk kendaran dari arah timur (Semarang).

Data yang dihimpun dari posko mudik di perbatasan Jabar-Jateng di Cisanggarung, Losari, Brebes jumlah kendaran roda dua yang masuk wilayah Jawa Tengah sejak dinihari mencapai 61.000 lebih, demikian juga kendaran roda empat melalui Tol Penjagan-Brebes Timur jumlahnya mencapai 60.000 lebih.

“Jumlah kendaraan pemudik baik roda dua dan empat mengalami peningkatan dratis sejak dinihari di jalan tol Penjagan-Brebes Timur, Di pantura kemacetan mencapai 20 kilometer,” kata Kepala Unit Patroli Satuan lalulintas Polres Brebes Inspektur Suroto.

Guna mengantipasi terjadinya kemacetan, demikian Suroto, berbagai reka lalulintas dilakukan, baik dengan system buka tutup, contra flow di sepanjang pantura Brebes hingga Tegal Kota maupun mengalirkan kendaraan kecil ke jalur alternative, namun karena meningkatnya kendaran pemudik ketersendatan tidak terelakkan dan pemudik hanya dapat melaju dengan kecepatan 10 kilometer per jam.

Di Kota Tegal kepadatan arus lalu juga tidak terhindarkan. Petugas melakukan langkah yang sama dengan yang terjadi di Brebes dengan melalukan rekayasa lalulintas contra flow hingga pantura Kabupaten Tegal. Akibat ketersendatan ini perjalanan semakin memakan waktu panjang bahkan Jakarta-Brebes harus ditempuh 13 jam.

“Kemacetan parah, biasanya dalam kondisi normal Jakarta-Brebes dapat ditempuh 3-4 jam, tetapi kini 13 jam perjalanan karena tersendat di tol,” kata Subandi, 45, pemudik dari Bekasi dengan tujuan Pati, Jawa Tengah. (YAyan – harianindo.com)

x

Check Also

Mourinho Tegaskan David De Gea Tidak Akan Angkat Kaki

Mourinho Tegaskan David De Gea Tidak Akan Angkat Kaki

Manchester – Manajer Jose Mourinho memastikan bahwa penjaga gawang andalannya, David De Gea tak akan ...