Home > Ragam Berita > Nasional > Heboh, 48 Anak di Ciracas Diimunisasi Vaksin Palsu

Heboh, 48 Anak di Ciracas Diimunisasi Vaksin Palsu

Jakarta – Beberapa waktu lalu, vaksi palsu beredar di masyarakat. Prarekonstruksi terkait dengan vaksin palsu pun dilakukan pada Kamis (30/6/2016). Itu pun dilaksanakan Bareskrim Polri bersama dengan Kementerian Kesehatan dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Heboh, 48 Anak di Ciracas Diimunisasi Vaksin Palsu

Prarekonstruksi dilakukan untuk menyempurnakan berkas perkara sejumlah tersangka yang sudah ditangkap oleh Bareskrim.

Lokasi yang dipilih adalah tempat penangkapan tersangka seorang bidan bernama Manogu Elly Novita di Jalan Centex Raya, Kelurahan Ciracas Jakarta Timur. Bahkan, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan Kabareskrim Polri, Komjen Ari Dono Sukmanto langsung datang ke lokasi untuk ikut melakukan prarekontruksi.

”Jadi, dari hasinya ada 294 yang imunisasi dari 2016 yang vaksin juga. Nah, kita dapat 48 anak yang sudah diimunisasi dengan vaksin palsu di 2016,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya di Kompleks Mabes Polri pada Jumat (1/6/2016).

Untuk tindak lanjutnya, kata Agung, anak yang sudah terlanjur diberikan vaksin palsu akan diberikan vaksin ulang.

”Jadi dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan akan memeriksa anak itu dan dilakukan imunisasi ulang,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

Adapun alat bukti yang ditemukan penyidik dan menetapkan bidan Manogu Elly sebagai tersangka adalah berupa vaksin palsu yang dikembalikan rekannya sesama bidan.

“Ada vaksin yang dikembalikan oleh bidan lain. Vaksin bekas atau botol kosong,” tutupnya.

x

Check Also

Senjata BIN Yang Dipesan 500 Pucuk, Bukan 5.000

Senjata BIN Yang Dipesan Ternyata 500 Pucuk, Bukan 5.000

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto akhirnya angkat bicara soal perdebatan ...