Home > Ragam Berita > Nasional > Walhi Layangkan Kritik Pembangunan Tol di Aceh

Walhi Layangkan Kritik Pembangunan Tol di Aceh

Banda Aceh – Muhammad Nur selaku Ketua Walhi Aceh menyatakan penolakan terhadap rencana pembangunan jalan tol oleh Pemerintah Aceh.

Walhi Layangkan Kritik Pembangunan Tol di Aceh

Setelah mempelajari dokumen Amdal pembangunannya, dia mengatakan “Banyak kejanggalan dan ketidaksesuaian dengan tata ruang kabupaten dan kota,” ujarnya pada Minggu (3/7/2016).

Pembangunan jalan bebas hambatan atau jalan tol sepanjang 412,77 kilometer telah direncanakan oleh Pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum. Jalan tol tersebut akan melintasi 8 kabupaten dan kota , yakni meliputi Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireun, Pidie, dan Aceh Besar.

Jalan tol tersebut menurut Nur, tidak ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Provinsi Aceh. Peta lokasi Proyek pun juga belum mendapatkan rekomendasi dari pihak Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BPKPRD).

“Sebagian besar isi dari dokumen Amdal terkesan teoritis, dan banyak hal lain yang belum diperinci oleh penyusunnya,” ujar Nur. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sandi Tegaskan Bakal Olah Sampah di Sunter sebagai Pembangkit Listrik

Sandi Tegaskan Bakal Olah Sampah di Sunter sebagai Pembangkit Listrik

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun pembangkit listrik bertenaga sampah di Sunter, ...