Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : Pasukan Militer Inggris Jadi Pembicaraan KTT NATO

Berita Internasional : Pasukan Militer Inggris Jadi Pembicaraan KTT NATO

Warsawa – Pemerintah Inggris memang mengirimkan pasukan militernya ke Afghanistan. Tujuannya, mereka bakal membantu memerangi Taliban. Namun, hal tersebut kini menjadi buah bibir yang sangat hangat. Terlebih di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Polandia, Warsawa.

Berita Internasional : Pasukan Militer Inggris Jadi Pembicaraan KTT NATO

Ada negara yang menawarkan bantuan dana, ada juga yang bersedia mengirimkan pasukan tambahan untuk membantu Afghanistan mempertahankan wilayahnya dari serangan teroris. Akan tetapi, Inggris mengambil sikap berbeda.

Perdana Menteri Inggris David Cameron menegaskan akan tetap berkomitmen membantu negara di Asia Selatan tersebut dan mengirim sedikitnya 50 pasukan tambahan untuk bergabung dengan 450 pasukan yang sudah berada di sana.

Namun, yang perlu digarisbawahi, kehadiran militer Britania Raya itu nantinya hanya sebatas melatih bukan ikut berperang. Sebagaimana 450 pasukan itu juga diperpanjang masa penugasannya. Dari yang seharusnya berakhir tahun ini, berlanjut sampai 2017.

”Sangat penting bagi NATO untuk melanjutkan kerja sama dengan pemerintah Afghanistan dan membantu pasukan keamanan Afghanistan menendang terorisme keluar dari negara tersebut,” ujar Cameron setibanya di Warsawa.

”Tapi di sini, pasukan Inggris akan terlibat dalam pelatihan dan pembinaan. Tidak akan mengambil bagian dalam operasi tempur melawan Taliban,” kata seorang pejabat Inggris lainnya sebagaimana diberitakan Independent pada Minggu (10/7/2016).

Secara spesifik, 21 pasukan akan bergabung dalam misi melawan terorisme, 15 lainnya dilibatkan dalam program pelatihan dan pengembangan, dan 13 sisanya bergabung dengan pasukan bantuan di bawah pimpinan NATO. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Bejat! Perawat Pria Ini Perkosa Mayat Perempuan Yang Baru Satu Jam Meninggal Dunia

Bejat! Perawat Pria Ini Perkosa Mayat Perempuan Yang Baru Satu Jam Meninggal Dunia

La Paz – Seorang perawat pria bernama Grover Macuchapi (27) harus berurusan dengan polisi setelah ...