Home > Ragam Berita > Nasional > Mohamad Sanusi Juga Dijerat Pasal Pencucian Uang

Mohamad Sanusi Juga Dijerat Pasal Pencucian Uang

Jakarta – Setelah melakukan pengembangan kasus, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjerat Mohamad Sanusi dengan pasal baru yakni tindak pidana pencucian uang.

Mohamad Sanusi Juga Dijerat Pasal Pencucian Uang

“Telah dilakukan pengembangan. Dan penyidik menemukan bukti permulaan yang cukup untuk menetapkan MSN (Mohamad Sanusi), anggota DPRD DKI periode 2014-2019 sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang,” ucap Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha di Gedung KPK, Jakarta, Senin (11/7/2016).

Menurut Priharsa, KPK menduga Sanusi melakukan tindak pidana pencucian uang dengan cara menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan, atau menitipkan harta kekayaannya yang diduga berasal dari suap, untuk menyembunyikan atau menyamarkan sumber asal usul harta kekayaannya.

Menurut surat perintah penyidikan (sprindik) yang telah ditandatangani pimpinan KPK pada 30 Juni 2016, Sanusi dijerat dengan Pasal 3 atau Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 tentang Pemberantasan dan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (UU TPPU) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sebelumnya, mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta ini ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas kasus dugaan suap pembahasan Raperda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RWZP3K) Provinsi Jakarta dan Raperda tentang Rencana Tata Ruang (RTR) Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta.

Dalam kasus ini, KPK juga telah menetapkan tersangka lainnya yaitu Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land (APL) Ariesman Widjaja dan Personal Assistant PT APL Trinanda Prihantoro.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Menteri Susi Geram Dengan Rencana Kajari Batam Lelang Kapal Pencuri Ikan

Menteri Susi Geram Dengan Rencana Kajari Batam Lelang Kapal Pencuri Ikan

Batam – Baru-baru ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merasa geram terkait rencana Kejaksaan ...