Home > Ragam Berita > Internasional > Truk Bermuatan Granat Tabrak Kerumunan Orang di Prancis, 77 Orang Tewas

Truk Bermuatan Granat Tabrak Kerumunan Orang di Prancis, 77 Orang Tewas

Nice – Prancis kembali menjadi sasaran teror. Sebuah truk besar bermuatan senjata dan granat menabrak kerumunan orang di Kota Nice, Prancis, usai merayakan Hari Bastille, peringatan awal dari Revolusi Prancis. Sebanyak 77 orang dilaporkan tewas dan puluhan lainnya mengalami cedera.

Truk Bermuatan Granat Tabrak Kerumunan Orang di Prancis, 77 Orang Tewas

Serangan yang oleh pejabat setempat dinyatakan sebagai aksi teror ini terjadi pada Kamis (14/7/2016) malam sekitar pukul 22.30 waktu setempat.

Sebuah truk besar melaju dengan kencang ke arah kerumunan warga yang tengah berkumpul di di Promenade de Anglais seusai melihat pertunjukkan kembang api dalam rangka memperingati Hari Bastille.

“Hanya dalam hitungan detik, sebuah truk besar berwarna putih muncul dalam kecepatan luar biasa. Pengemudinya memutar roda agar menabrak sebanyak-banyaknya orang,” kata Damien Allemand, jurnalis media Nice-Matin, seperti dikutip dari Fox News, Jumat (15/7/2016).

“Aku melihat tubuh-tubuh manusia yang terlempar seperti pin bowling. Terdengar suara-suara, teriakan, tangisan yang tak mungkin aku lupakan seumur hidup,” lanjutnya.

“Malam itu bagaikan horor,” pungkasnya.

Walikota Nice, Christian Estrosi menggambarkan serangan truk maut tersebut sebagai ‘tragedi terparah’ yang pernah menimpa kotanya dan ia meminta warga tetap tinggal di dalam rumah.

Sopir truk itu sendiri telah tewas di tembak aparat dan hingga kini belum ada yang menyatakan bertanggungjawab terhadap aksi teror kemaren. Namun demikian, banyak pengamat teroris menduga ISIS berada di balik serangan truk maut ini.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

KPK Akan Telusuri Aliran Dana Korupsi e-KTP Melalui Adik Andi Narogong

KPK Akan Telusuri Aliran Dana Korupsi e-KTP Melalui Adik Andi Narogong

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana akan kembali memeriksa adik dari tersangka kasus korupsi ...