Home > Teknologi > Games > Pakar Menilai Terlalu Berlebihan Menganggap Pokemon Go Membahayakan Keamanan Negara

Pakar Menilai Terlalu Berlebihan Menganggap Pokemon Go Membahayakan Keamanan Negara

Jakarta – Boomingnya game Pokemon Go meski belum dirilis secara global memunculkan beragam reaksi. Beberapa pihak menilai jika penggunaan kamera di permainan ini bisa membahayakan keamanan negara.

Pakar Menilai Terlalu Berlebihan Menganggap Pokemon Go Membahayakan Keamanan Negara

Game Pokemon Go sendiri adalah permainan yang memadukan video yang ditangkap smartphone (ponsel cerdas) dengan grafik komputer atau dikenal dengan istilah Augmented Reality (AR). Di sinilah sumber ketakutannya. Teknologi tersebut dianggap bisa memetakan lokasi-lokasi penting di Indonesia yang seharusnya tidak diketahui. Namun bagi pakar keamanan siber dan komunikasi, Pratama Persadha, kekhawatiran tersebut sangat mengada-ada.

“Ada yang berkomentar teknologi yang digunakan Pokemon Go bisa dipakai Niantic selaku pengembang untuk memetakan tempat-tempat di Indonesia. Ini kan mengada-ada, karena Pokemon Go itu kan mengambil datanya dari Google Street, jadi memang sudah ada data base-nya tanpa harus dipetakan oleh Pokemon Go,” ujar Pratama Persadha, di Jakarta, Sabtu (16/7/201).

Kekhawatiran lain adalah jika para pengguna mencari Pokemon di tempat penting atau fasilitas militer sambil mengaktifkan kamera. Hal tersebut bagi Pratama juga kekhawatiran yang tidak perlu.

“Tanpa masuk ke rumah atau tempat tertentu, kita juga masih bisa kok menangkap Pokemon. Saya sendiri masih tetap bisa bermain Pokemon Go tanpa harus keluar dari mobil. Kalau tidak mau kameranya on terus, tinggal mematikan fungsi AR-nya saja. Jadi sebetulnya game ini biasa saja, tidak seperti yang ditakutkan orang-orang,” papar Ketua Lembaga Riset Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) tersebut. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Modern Combat Versus Siap Diunduh di Windows Store

Modern Combat Versus Siap Diunduh di Windows Store

California – Gameloft menghadirkan game terbaru untuk gamer yang bisa diperoleh melalui platform Windows Store. ...