Home > Teknologi > TSMC Siapkan Dua Chip Untuk Apple

TSMC Siapkan Dua Chip Untuk Apple

Taipei – Jalinan kerjasama antara TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) sebagai pembuat chip untuk produk Apple tampaknya bakal berjalan mulus hingga tahun yang akan datang. Pasalnya saat ini, TSMC dilaporkan sedang menyiapkan chip A10 untuk mitra setianya itu dan siap diperkenalkan tahun ini.

TSMC Siapkan Dua Chip Untuk Apple

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa TSMC telah dipilih oleh Apple menjadi produsen chip satu-satunya membuat chip A10. Namun menurut laporan Ubergizmo, Selasa (19/7/2016), ternyata TSMC tengah menyiapkan dua buah chip eksklusif sekaligus untuk Apple, di antaranya A10 dan A11.

Chipset A11 yang kabarnya disiapkan untuk iPhone 7, bakal menggunakan proses fabrikasi 10nm FinFET. Sehingga ponsel cerdas terbaru Apple tersebut bakal tersedia dalam dua pilihan penggunaan chip. Namun untuk produk iPad terbaru dilaporkan bakal mengusung chip A10.

Dengan beredarnya kabar terbaru ini seolah makin memperkuat rumor yang sempat beredar bahwa Apple tidak ingin bergantung dengan Samsung lagi dalam pembuatan chip. Selain itu, Apple juga sempat dikabarkan kecewa dengan kinerja chip A9 buatan Samsung untuk iPhone 6 dan iPhone 6S Plus, bikin baterai lebih boros dibandingkan chip A9 buatan TSMC, hingga akhirnya memunculkan perdebatan.

Akan tetapi, perdebatan antara chip A9 buatan Samsung dan TSMC tersebut langsung dibantah oleh pihak Apple. Menurut Apple setelah melakukan beragam pengujian melalui tim pengujinya, perbedaan antara chip A9 buatan Samsung dan TSMC ternyata tidak terlalu signifikan.

Banyak faktor yang mungkin bisa mempengaruhi daya baterai bisa cepat habis seperti aktifnya data seluler, tingkat kecerahan layar dan lain sebagainya. Sehingga hal tersebut tidak perlu diperdebatkan lagi. (Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Jakarta – Pemblokiran media sosial Telegram oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) jelas menuai pro ...