Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Kanker Usus Besar Ternyata Bisa Diobati dengan Bantuan Kunyit

Kanker Usus Besar Ternyata Bisa Diobati dengan Bantuan Kunyit

Jakarta – Kunyit memang adalah salah satu bumbu dapur. Namun, bumbu tersebut memiliki peranan lain. Ternyata, kunyit bisa digunakan untuk mengobati kanker usus besar. Hal tersebut ditemukan para peneliti. Mereka memperoleh kombinasi 2 senyawa rempah-rempah dalam bumbu tersebut. Yakni, kurkumin dan silymarin.

Kanker Usus Besar Ternyata Bisa Diobati dengan Bantuan Kunyit

Kurkumin adalah bahan aktif dalam kunyit, sedangkan silymarin merupakan komponen yang telah dimanfaatkan untuk mengobati penyakit hati. ”Fitokimia mungkin menawarkan pendekatan terapi alternatif untuk pengobatan kanker dan menghindari masalah toksisitas, efek samping kemoterapi,” kata penulis penelitian Uthayashanker Yehezkiel di Saint Louis University, Missouri, Amerika Serikat, sebagaimana diberitakan Boldsky pada Senin (25/7/2016).

Para peneliti mempelajari sel kanker usus besar pada model laboratorium. Mereka menemukan sel-sel kanker dapat diobati dengan kurkumin, maka dengan silymarin lebih efektif dalam memerangi kanker daripada mengobati sel-sel dengan fitokimia saja.

”Kombinasi dari phytochemical menghambat sel kanker usus besar bertambah banyak dan menyebar. Selain itu, ketika sel-sel kanker usus besar terkena kurkumin dan diobati silymarin, banyak sel-sel yang mengalami kematian,” tutur Yehezkiel.

Karena itu, Yehezkiel melihat metode menggunakan phytochemical cukup menjanjikan dalam membantu mencegah kanker usus besar. Namun, Yehezkiel menganggap bahwa ini baru studi awal sehingga membutuhkan penelitian lebih lanjut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Jakarta – Diet dilakukan dengan membatasi asupan kalori, karbohidrat, dan lemak yang masuk kedalam tubuh ...