Home > Ragam Berita > Nasional > Airin Bakal Lakukan Vaksinasi Ulang bila Terbukti Ada Serum Palsu

Airin Bakal Lakukan Vaksinasi Ulang bila Terbukti Ada Serum Palsu

Tangerang Selatan – Kasus vaksin palsu sedang menghebohkan tanah air. Beberapa daerah di sekitar Jakarta pun terdampak. Nah, hal tersebut membuat Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany angkat bicara.

Airin Bakal Lakukan Vaksinasi Ulang bila Terbukti Ada Serum Palsu

Dia menegaskan bakal memvaksinasi ulang bila serum vaksin positif palsu. Hal tersebut diketahui dari hasil uji laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten. Tes tersebut dilakukan di beberapa rumah sakit Kota Tangsel.

”Saat ini kita masih melakukan pengawasan (hasil uji lab), pasti kita tindak lanjuti. Termasuk, kemungkinan melakukan vaksinasi ulang jika terbukti vaksin ilegal itu palsu,” kata Airin kepada wartawan, Senin (25/7/2016).

Selain itu, tambahnya, pihak Pemkot Tangsel akan terus memantau beberapa rumah sakit yang beberapa waktu lalu kedapatan menggunakan vaksin ilegal atau di luar distributor resmi pemerintah yang tergabung dalam Perusahaan Besar Farmasi (PBF).

”Jika sudah ada temuan itu (vaksin palsu), nanti kita akan mendata pasien-pasien di rumah sakit tersebut agar dilakukan pengulangan vaksin,” tambahnya.

Sebelumnya, jajaran BPOM dan Dinas Kesehatan Banten beberapa waktu lalu menggelar inspeksi ke sejumlah rumah sakit dan klinik di Tangerang Raya. Hasilnya, empat rumah sakit di Tangsel terindikasi menggunakan vaksin palsu. Sebab, beberapa botol vaksin yang di temukan di rumah sakit tersebut berasal dari distributor tak resmi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan mengevaluasi para petugas penanganan prasarana dan ...