Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : Putin dan Erdogan Bakal Bahas Rekonsiliasi Rusia-Turki

Berita Internasional : Putin dan Erdogan Bakal Bahas Rekonsiliasi Rusia-Turki

Moskow – Rusia dan Turki telah lama bersitegang. Hal tersebut terjadi karena insiden Sukhoi Su-24. Pesawat tersebut ditembak jatuh pada November 2015. Karena itu, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah lama tidak pernah melakukan pertemuan lagi.

Berita Internasional : Putin dan Erdogan Bakal Bahas Rekonsiliasi Rusia-Turki

Namun dalam semangat rekonsiliasi kedua negara, Putin dan Erdogan diagendakan pertemuan pada 9 Agustus 2016 mendatang di St. Petersburg – kota terbesar kedua Rusia setelah Moskva.

”Agenda (pertemuan Putin-Erdogan) sebenarnya belum dibahas…namun di atas semua keraguan, ada banyak hal yang akan dibicarakan (Putin dan Erdogan),” papar juru bicara Kremlin (Kantor Kepresidenan Rusia), Dmitry Peskov.

”Ini akan jadi pertemuan pertama setelah kolapsnya hubungan kami. Ini pertemuan pertama setelah kedua pemimpin negara membuka lembaran baru. Untuk itu, saya percaya bahwa mereka takkan kekurangan topik pembicaraan,” lanjutnya sebagaimana diberitakan Al Araby pada Rabu (27/7/2016).

Rencana pertemuan Erdogan dan Putin bulan depan itu juga turut diamini Wakil Perdana Menteri (Waperdam) Turki, Mehmet Simsek, saat bertemu Waperdam Rusia, Arkady Dvorkovich.

”Kami di sini untuk meningkatkan hubungan kedua negara dan membawanya ke level yang lebih tinggi dari apa yang sudah ada sebelum (insiden Sukhoi) 24 November 2015,” timpal Simsek. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Jakarta – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kabarnya telah menghentikan program rahasia Badan Intelijen Pusat ...