Home > Ragam Berita > Nasional > Keterangan Saksi, Banyak Cara Dapatkan Sianida Ilegal di Indonesia

Keterangan Saksi, Banyak Cara Dapatkan Sianida Ilegal di Indonesia

Jakarta – Pada sidang lanjutan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso pada Rabu kemarin terungkap dugaan bahwa racun sianida dimasukkan ke dalam Viatnamese Iced Coffee (VIC) milik Mirna sekitar pukul 16.30 – 16.45 WIB.

Keterangan Saksi, Banyak Cara Dapatkan Sianida Ilegal di Indonesia

Hal ini diungkapkan oleh saksi Ahli Toksikologi Forensik Bareskrim Polri Kombes Nursamran Subandi berdasarkan pengujian laboratorium yang dilakukannya.

“Namanya perhitungan. Rentangnya pukul 16.30 sampai 16.45,” kata Nursamran dalam kesaksiannya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jl Bungur Besar Raya, Rabu (3/8/2016).

Berdasarkan fakta di CCTV, korban Mirna meminum kopi yang telah tercampur racun sianida itu pada pukul 17.20 WIB setelah bertanya kepada Jessica kopi milik siapa ini.

Kepala Bidang Kimia Forensik Kesatuan Pusat Bareskrim Polri ini juga menyebutkan, bahan yang diuji di laboratorium sama dengan kopi yang disita sebagai barang bukti, termasuk kondisi penyimpanan dan konsentrasi sianida yang ada di dalamnya.

Nursamran juga mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan racun sianida secara ilegal di Indonesia tidak terlalu sulit karena banyak jalur yang bisa ditempuh.

“Banyak jalur-jalur ilegal (di Indonesia). Kalau di nelayan-nelayan yang melakukan nangkap ikan karang, dia taruh (sianida) di sela-sela rumah saja,” kata dia.

Bila ketahuan mendapatkan sianida secara ilegal maka akan berurusan dengan pihak yang berwajib. Sedangkan untuk mendapatkan sianida secara legal cukup sulit dan dibatasi karena merupakan zat yang berbahaya.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

FPI Persilahkan Polisi Usut Simpatisannya Yang Membawa Senjata Saat Demo

FPI Persilahkan Polisi Usut Simpatisannya Yang Membawa Senjata Saat Demo

Jakarta – Pihak kepolisian baru saja mengamankan seorang pemuda lantaran dirinya membawa senjara laras pendek ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis