Home > Ragam Berita > Nasional > Ketua PP Muhammadiyah Sindir Pihak Yang Mengkritik Suara Adzan

Ketua PP Muhammadiyah Sindir Pihak Yang Mengkritik Suara Adzan

Jakarta – Haedar Nashir selaku Ketua PP Muhammaduyah menyatakan keprihatinan serta penyesalaya terkait tindakan anarkis terhadap rumah ibadah di Tanjungbalai, Sumatra Utara.

Ketua PP Muhammadiyah Sindir Pihak Yang Mengkritik Suara Adzan

Haedar menyatakan, tindakan kekerasan dan pengrusakan terhadap tempat ibadah tidak dibenarkan oleh ajaran agama apapun.

Namun di saat bersamaan, Haedar juga menggarisbawahi bahwa anggota masyarakat di mana pun agar menghormati dan toleran terhadap umat agama lain yang melaksanakan ibadah serta aktivitas keagamaan. Hal ini, menurut Haedar, merupakan bagian dari hak beragama yang diakui konstitusi, sehingga tidak boleh dianggap sebagai gaduh dan mengganggu ketenangan publik.

“Jika masyarakat sangat toleran kalau ada hiburan-hiburan musik dan pertunjukan lainnya, maka selayaknya tidak merasa terganggu dengan suara adzan dan kegiatan yang diselenggarakan di masjid maupun pusat kegiatan ibadah lainnya,” papar Haedar, seperti dilansir dari Muhammadiyah Online Senin (1/8/2016).

Haedar menambahkan, sikap saling menghargai dan toleran merupakan sebuah keniscayaan,

“Jika hal itu diingkari akan menimbulkan disharmoni dan dapat memicu konflik,” ujar Haedar.

“Dalam menghadapi masalah semestinya anggota masyarakat mengedepankan cara-cara yang damai dan solusi yang maslahat, serta tidak main hakim sendiri dan melakukan kekerasan atau pengrusakan. Semua perlu proses pembelajaran terus menerus sebagai bangsa yang besar dan majemuk. Semoga Allah SWT memberkahi bangsa Indonesia,” demikian Haedar. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Suara Ledakan di Terminal Kampung Melayu Terdengar Hingga 1 Kilometer

Suara Ledakan di Terminal Kampung Melayu Terdengar Hingga 1 Kilometer

Jakarta – Terdapat dua suara ledakan keras pada jeda waktu yang tidak terlalu jauh terjadi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis