Home > Ragam Berita > Nasional > Lintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu Bakal Segera Ditutup

Lintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu Bakal Segera Ditutup

Kulon Progo – PT KAI Daop 6 Yogyakarta bakal segera bertindak. Hal tersebut terkait dengan penutupan empat lintasan kereta api. Penutupan lintasan dilakukan lantaran tidak memiliki palang pintu.

Lintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu Bakal Segera Ditutup

Lokasinya pun terletak di Kabupaten Kulon Progo. Sebab, kawasan tersebut kerap terjadi kecelakaan.

Manajer Jembatan Jalan dan Rel PT KAI Daop 6 Yogyakarta Muhammad Zakir di Kulon Progo, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya berupaya menghilangkan perlintasan tidak resmi yang sebidang karena rawan terjadi kecelakaan.

”Penghilangan perlintasan tidak resmi dimulai dengan penutupan empat perlintasan dari Stasiun Wates hingga Stasiun Wojo. Terdiri atas dua perlintasan di Ngulakan dan satu di Kriyan Desa Hargorejo, Kokap, serta satu perlintasan di Kaligondang, Kecamatan Temon,” kata Zakir.

Dia mengatakan bahwa di wilayah Daop 6 Yogyakarta ada 499 perlintasan, baik yang resmi maupun tidak resmi. Perlintasan yang resmi dijaga petugas dari PT KAI, Dishub, dan masyarakat, sedangkan yang tidak resmi tidak dijaga dan tidak ada palangnya.

Zakir mengatakan bahwa empat perlintasan tersebut rawan kecelakaan, seperti di Ngulakan, beberapa waktu lalu terjadi kecelakaan mobil tertabrak kereta api menyebabkan satu korban jiwa dan satu korban luka parah.

”Kami berupaya menghilangkan titik-titik rawan yang merupakan perlintasan sebidang. Penutupan dengan memasang patok dari rel dan jalan dipersempit dengan dibongkar,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...