Home > Ragam Berita > Nasional > Snack Bikini Belum Dapat Ijin dari Dinas Kesehatan Bandung

Snack Bikini Belum Dapat Ijin dari Dinas Kesehatan Bandung

Bandung – Beberapa hari ini publik dibuat heboh dengan beredarnya sebuah produk makanan kecil dengan nama “Bikini”, kepanjangan dari Bihun Kekinian dengan tambahan tulisan bombastis di bawahnya, “Remas Aku”.

Snack Bikini Belum Dapat Ijin dari Dinas Kesehatan Bandung

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara, pihaknya telah memastikan bahwa camilan Bikini belum terdaftar di Dinas Kesehatan dan belum mendapatkan ijin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) bagi pabrik Cemilindo yang disebut-sebut sebagai produsen dari produk snack Bikini.

“Kami tidak pernah mengeluarkan izin PIRT kepada pabrik yang bernama Cemilindo. Juga tidak ada pengajuan izin atas nama pabrik tersebut. Saya sudah cek betul ini,” kata Ahyani, Kamis (4/2/016) siang.

Ahyani menambahkan, untuk mendapatkan ijin PIRT, Dinkes melihat proses produksi secara detail. Mulai dari bahan, pembuatan, hingga kemasan. Hal ini dilakukan untuk memastikan sebuah produk layak dan aman untuk dipasarkan ke masyarakat.

Ahyani juga menghimbau kepada semua masyarakat untuk lebih waspada membeli sebuah produk makanan dan harus memperhatikan apakah produk tersebut memenuhi tiga standar minimum yang harus ada pada produk makanan.

“Cek ada tidaknya izin PIRT atau merek dagang. Lalu pastikan produk tersebut mencantumkan alamat pabrik yang jelas. Terakhir, perhatikan pencantuman komposisi bahan dan tanggal kadaluarsa. Kalau salah satunya tidak ada, atau bahkan semuanya tak ada, kita patut curiga,” ujar Ahyani.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Polisi Jerat Perampok Pulomas Pasal 340 KUHP

Jakarta – Menurut penuturan penyidik Polres Metro Jakarta Timur, pihaknya mengupayakan agar pelaku perampokan yang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis