Home > Ragam Berita > Nasional > Pemilik Ijazah Palsu Berikan Jawaban Menggelikan Saat Ditanya Arti S-1

Pemilik Ijazah Palsu Berikan Jawaban Menggelikan Saat Ditanya Arti S-1

Sidoarjo – Pada persidangan perdana kasus dugaan ijazah palsu dengan terdakwa M Rifai, Wakil Ketua nonaktif DPRD Sidoarjo, Jawa Timur, diwarnai dengan tanya jawab Ketua Majelis Hakim I Gde Bagus Komang Wijaya dengan M Rifai yang sedikit menggelikan.

Pemilik Ijazah Palsu Berikan Jawaban Menggelikan Saat Ditanya Arti S-1

Kepada terdakwa, hakim menanyakan profil dan biodata dari M Rifai yang berada di berkas perkara, termasuk singkatan dan gelar yang tercantum pada nama M Rifai.

“Kata ‘Muh’ ini apakah artinya Muhammad?” hakim bertanya dan Rifai mengiyakannya.

Lalu hakim Komang Wijaya menanyakan ke Rifai arti dari singkatan S-1. Kuasa Hukum mencoba membantunya namun dicegah oleh hakim.

“Sekali lagi saya tanya kepada saudara terdakwa, apa arti S-1 itu,” tanya Wijaya.

Rifai kemudian menjawab bahwa S-1 itu artinya Sarjana. Hakim kemudian mencoba meluruskan bahwa S-1 itu adalah singkatan dari Strata 1.

Mantan Ketua DPC Partai Gerindra ini hanya bisa menunduk dan menganggukkan kepala.

Pada kasus dugaan ijazah palsu ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa M Rifai dengan Pasal 69 Ayat 1 UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal Primer 263 Ayat 1 KUHP Subsider 263 Ayat 2 KUHP, Pasal Primer 264 Ayat 1 KUHP Subsider 264 Ayat 2 KUHP, dan Pasal Primer 266 Ayat 1 KUHP Subsider 266 Ayat 2 KUHP.

“Dari bukti yang kami miliki, terdakwa secara sah dan meyakinkan telah menggunakan dokumen (ijazah) palsu yang seolah-olah asli untuk mendaftar sebagai anggota DPRD pada Pileg 2014,” kata jaksa Rochida Alimartin membacakan dakwaan.

Kuasa Hukum Rifai, Yunus Susanto,menolak dakwaan jaksa dan meminta eksepsi. Sidang rencanananya akan dilanjutkan kembali pada 10 Agustus2016.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Menurut Hasil Survei, Sebagian Besar Rakyat Palestina Minta Presiden Mahmoud Abbas Mundur

Menurut Hasil Survei, Sebagian Besar Rakyat Palestina Minta Presiden Mahmoud Abbas Mundur

Jakarta – Sebuah riset yang dilakukan oleh Palestinian Center for Policy and Research dengan melakukan ...