Home > Ragam Berita > Nasional > Mendikbud Lontarkan Ide Full Day School untuk Siswa SD dan SMP

Mendikbud Lontarkan Ide Full Day School untuk Siswa SD dan SMP

Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru Prof Dr Muhadjir Effendy melontarkan ide dalam program 100 hari pertamanya dengan menggagas sistem “full day school” bagi siswa di pendidikan dasar (SD dan SMP), baik negeri maupun swasta.

Mendikbud Lontarkan Ide Full Day School untuk Siswa SD dan SMP

Menurut Muhadjir, dengan adanya “full day scholl” siswa tidak berkembang liar di luar sekolah saat orang tua belum pulang dari kerja.

“Dengan sistem full day school ini, secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan tidak menjadi ‘liar’ di luar sekolah ketika orangtua mereka masih belum pulang dari kerja,” kata Mendikbud di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senin (8/8/2016).

Tujuan dari full day school ini ini, siswa dapat mengerjakan tugas-tugasnya di sekolah atau belajar mengaji hingga dijemput oleh orang tuanya setelah pulang dari kerja. Dengan begitu anak berada di rumahnya dalam pengawasan orang tua.

Menurut mantan Rektor UMM ini, pihaknya masih melakukan sosialisasi terkait penerapan full day school kepada sekolah-sekolah hingga ke daerah.

“Nantinya memang harus ada payung hukumnya, yakni peraturan menteri (Permen). Tapi untuk saat ini masih sosialisasi terlebih dahulu secara intensif,” urainya.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Sandiaga Berharap Rute Alternatif Transjakarta Sukses Urai Kemacetan

Sandiaga Berharap Rute Alternatif Transjakarta Sukses Urai Kemacetan

Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai hari ini melaksanakan pembukaan rute baru untuk mengurangi ...