Home > Ragam Berita > Nasional > Presiden Telah Menerima Nama Pansel KPU dan Bawaslu

Presiden Telah Menerima Nama Pansel KPU dan Bawaslu

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menerima daftar nama calon panitia seleksi (pansel) pemilihan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2017-2022. Daftar nama tersebut diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Presiden Telah Menerima Nama Pansel KPU dan Bawaslu

”Kami sudah serahkan ke Pak Presiden melalui Mensesneg mengenai nama-nama calon pansel KPU dan Bawaslu,” kata Tjahjo di Jakarta pada Selasa (9/8/2016).

Tjahjo menyerahkan sepenuhnya kepada Menteri Sekretaris Negera (Mensesneg) Pratikno tentang figur ketua pansel pemilihan Komisioner KPU dan Bawaslu.

”Kalau lima tahun lalu, ketua pansel kan Mendagri. Untuk tahun ini sebaiknya tidak Mendagri. Kalau Mendagri dari partai politik nanti ribut lagi. Kita pilih figur yang benar-benar bersih dan bisa diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.

Komisioner KPU dan Bawaslu saat ini akan berakhir masa jabatan pada 11 April 2017 karena mereka dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 12 April 2012.

Komisioner KPU saat ini adalah Ketua dijabat oleh Juri Ardiantoro dan anggota masing-masing Ida Budhiati, Sigit Pamungkas, Arief Budiman Ferry Kurnia Rizkiyansyah dan Hadar Nafis Gumay. Juri menjadi Ketua KPU mulai 18 Juli 2016 menggantikan Husni Kamil Manik yang meninggal dunia pada 7 Juli 2016.

Bawaslu saat ini dipimpim oleh Muhammad dengan empat anggota yakni Nasrullah, Daniel Zuchron, Endang Wihdatiningtyas dan Nelson Simanjuntak. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Info Arus Mudik 2017: Penumpang Padati di Stasiun Pasar Senen Di Hari H Lebaran

Info Arus Mudik 2017: Penumpang Padati Stasiun Pasar Senen di Hari H Lebaran

Jakarta – Ribuan pemudik yang menggunakan sarana angkutan kereta api padati Stasiun Pasar Senen pada ...