Home > Ragam Berita > Nasional > FX Hadi Rudyatmo Menilai Full Day School Tak Cocok Diterapkan di Solo

FX Hadi Rudyatmo Menilai Full Day School Tak Cocok Diterapkan di Solo

Solo – Wacana penerapan aturan full day school yang dilontarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, sempat menjadi perbincangan hangat dalam beberapa waktu ke belakang. Pro serta kontra pun bermunculan terhadap gagasan Mendikbud hasil kocok ulang Kabinet Kerja Jilid II tersebut.

FX Hadi Rudyatmo Menilai Full Day School Tak Cocok Diterapkan di Solo

Namun wacana tersebut sepertinya tidak akan direalisasikan di Solo, Jawa Tengah. Pasalnya, Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo telah menegaskan jika pihaknya tak akan mengikuti aturan tersebut.

“Gagasan itu tidak cocok diterapkan di Solo. Dan tidak akan saya terapkan Full Day School itu di sekolah negeri,” kata FX Hadi seperti dilansir dari dari Antara, Rabu (10/8/2016).

Mantan wakil dari Joko Widodo (Jokowi) ketika menjadi Surakarta 1 tersebut menilai bahwa, Full Day School justru akan berdampak buruk bagi para peserta didik. Selain tidak fokus pada pelajaran karena faktor kelelahan, wacana kebijakan tersebut juga dinilainya bisa memberikan batas ruang dan waktu antara peserta didik dengan keluarga mereka masing-masing.

“Anak akan bertemu dengan keluarganya semakin terbatas. Waktu bermain dengan teman sekitar rumah juga terbatas. Hak anak bermain, maka dengan adanya Full Day School akan terampas,” tuturnya.

FX Hadi melanjutkan, pendidikan bagi anak menurutnya bukan hanya di bangku sekolah saja, melainkan pendidikan sosial yang bisa mereka dapat di lingkungan rumah. Semakin lama waktu berada di sekolah, FX Hadi pun menilai anak akan kehilangan kepekaannya terhadap masalah sosial yang nantinya juga menjadi tanggung jawab mereka. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Perusahaan Pemenang Tender Jadi Tersangka Baru Kasus Korupsi Pengadaan UPS

Perusahaan Pemenang Tender Jadi Tersangka Baru Kasus Korupsi Pengadaan UPS

Jakarta – Bareskrim Polri menetapkan tersangka baru dalam kasus korupsi pengadaan uninterruptible power supply (UPS) ...