Home > Ragam Berita > Internasional > Laut China Selatan Bakal Dipantau Lewat Satelit

Laut China Selatan Bakal Dipantau Lewat Satelit

Beijing – China beberapa akhir ini berfokus di wilayah sengketa. Ya, mereka dikabarkan telah merilis satelit Gaofen 3. Itu digunakan untuk memantau dan melindungi kepentingan pemerintah di Laut China Selatan. Sateleit tersebut diluncurkan saat pemerintah sedang bersitegang di wilayah tersebut.

Laut China Selatan Bakal Dipantau Lewat Satelit

Badan Administrasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Industri untuk Pertahanan Nasional China mengatakan, Gaofen 3 yang diluncurkan pada Rabu, 10 Agustus 2016, memiliki sistem radar canggih yang dapat mengambil foto dari luar angkasa dan mampu beroperasi di segala cuaca.

”Satelit ini akan memainkan peranan yang penting dalam memantau lingkungan laut, pulau-pulau, terumbu karang, dan kapal-kapal, serta kilang minyak,” kata pimpinan proyek Xu Fuxiang, sebagaimana dilansirReuters, Kamis, (11/8/2016). Xu menambahkan, satelit sepert Gaofen 3 akan sangat berguna untuk melindungi kepentingan dan keamanan maritim Negeri Tirai Bambu.

Saat ini, China tengah bersengketa dengan lima negara lainnya terkait kepemilikan sejumlah pulau di Laut China Selatan. Vietnam, Taiwan bersengketa dengan China dalam kepemilikan wilayah Kepulauan Spratly, sedangkan Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam juga memiliki klaim yang tumpang tindih dengan China di beberapa wilayah di perairan penting tersebut.

Situasi ini menimbulkan ketengangan yang makin hari makin meningkat di Laut China Selatan, terlebih dengan terlibatnya Amerika Serikat (AS) yang mengklaim berusaha melindungi kebebasan navigasi di wilayah Laut China Selatan yang mereka anggap sebagai perairan internasional. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

"Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan"

“Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan”

Mosul – Sejak dikuasai oleh pihak tentara Irak pada 10 Juli 2017, Mosul menjadi kota ...