Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : Google Mendapat Sanksi dari Otoritas Rusia

Berita Internasional : Google Mendapat Sanksi dari Otoritas Rusia

Moskow – Google mendapat sanksi dari Otoritas Antimonopoli Rusia. Pada Kamis (11/8/2016), mereka mewajibkan Google membayar 438 juta rubel atau Rp 88 miliar. Sebab, perusahaan tersebut secara sah bersalah. Kesalahan tersebut terjadi karena Google memaksa para produsen Android memakai mesin pencarinya.

Berita Internasional : Google Mendapat Sanksi dari Otoritas Rusia

Lembaga Antimonopoli Federal (Federal Antimonopoly Service/FAS) menyatakan Google punya waktu dua bulan untuk membayar denda tersebut.

FAS pada September tahun lalu menyatakan Google melanggar undang-undang “perlindungan persaingan” setelah penyelidikan menyusul pengaduan dari mesin pencari terbesar Rusia, Yandex.

Yandex meminta otoritas antimonopoli mencegah pengemasan secara otomatis telepon Android dengan mesin pencari Google.

Yelena Zayeva selaku departemen yang mengatur komunikasi dan teknologi informasi di FAS, dikutip menyatakan bahwa putusan itu akan memungkinkan persaingan di pasar perangkat lunak seluler di Rusia berkembang, yang akan berdampak positif bagi konsumen.

Seluruh perusahaan yang produksinya dijual di Rusia harus menaati undang-undang persaingan. ”Termasuk perusahaan-perusahaan transnasional,” tambah Zayeva. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Netizen Tanggapi Unggahan Video Sandiaga Uno Soal Sisi Lain Kondisi Yerusalem

Netizen Tanggapi Unggahan Video Sandiaga Uno Soal Sisi Lain Kondisi Yerusalem

Jakarta – Kebijakan sepihak yang telah diputuskan oleh Donald Trump selaku Presiden Amerika Serikat atas ...