Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Ini Dia Lima Kopi Terbaik di Nusantara

Ini Dia Lima Kopi Terbaik di Nusantara

Jakarta – Industri kopi di Indonesia semakin berkembang beberapa tahun belakangan ini seiring dengan semakin banyak bermunculan café dan coffee shop yang bagaikan jamur di musim hujan dengan masing-masing mempunyai ciri khas dan menawarkan kopi dengan racikan dan jenis tersendiri.

Ini Dia Lima Kopi Terbaik di Nusantara

Menurut Area Manager & Certified Q Grades dari Djournal Coffee, Sendydjaja mengatakan biji kopi di Indonesia mempunyai keanekaragaman varietas dan kualitas yang tidak dipunyai oleh negara lain.

“Biji kopi Indonesia itu kelebihannya varietasnya banyak, beraneka ragam. Apalagi sekarang ini kan semakin banyak kafe buka dimana-mana jadi dari sisi petaninya sekarang sudah mulai pelan-pelan meningkatkan kualitas. Jadi sekarang udah mulai bagus, ada peningkatan, ada improve, dan makin lama makin beragam,” jelas Sendydjaja.

Menurut Sendydjaja, ada lima jenis kopi terbaik dari Indonesia yang patut dicoba.

1. Kopi Papua
Geografis dari Papua yang sangat istimewa membuat kopi dari Papua juga menjadi istimewa.

2. Kopi Sumatera
Kopi yang berasal dari Sumatera mempunyai ciri khas kental, seperti Aceh Gayo, Mandailing, dan yang lainnya. “Karena orang Indonesia ibaratnya minum kopi kalo ngga kental itu nggak berasa” tambah Sendy.

3. Kopi Flores
Biji kopi dari Flores rasanya cukup menarik karena ada sedikit rasa kacang dan anggur. “Aku pernah coba kopi Flores yang rasanya kayak red wine. Jadi pekat, manis, nutty, citrus, enak banget,” ujarnya.

4. Kopi Jawa
Kopi Jawa memiliki ciri khas rasa manis yang tidak dimiliki oleh kopi dari daerah manapun. “Jadi mayoritas kopinya mau diolah sesalah apapun rasanya manis” ungkap Sendy.

5. Kopi Sulawesi
Kopi Enrekang dari Sulawesi mempunyai ciri dan rasa yang khas, dengan cara pengolahan yang khas juga. “Ciri khasnya itu dia kalau di roasting biasa nggak bisa, diseduh biasa juga nggak bisa. Tapi kalau dia diseduh dengan cara yang pas, rasanya benar-benar pekat, dalam, dan kalau abis minum itu rasanya hangat,” pungkasnya.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Resep Jamur Goreng Tepung, Hidangang Lezat yang Menggugah Selera

Resep Jamur Goreng Tepung, Hidangang Lezat yang Menggugah Selera

Jakarta – Jamur tiram memang merupakan salah satu bahan masakan yang bisa diolah menjadi beragam ...