Home > Ragam Berita > Nasional > Jumlah Kebijakan Diskriminatif Selalu Meningkat Setiap Tahun

Jumlah Kebijakan Diskriminatif Selalu Meningkat Setiap Tahun

Jakarta – Komisi Nasional Perempuan terus menyoroti temuan kebijakan diskriminatif. Setiap tahun, jumlah kebijakan diskriminatif meningkat. Pada 2016, Ada 421 kebijakan diskriminatif di Indonesia. Jumlah tersebut meningkat dari 389 kebijakan di tahun sebelumnya.

Jumlah Kebijakan Diskriminatif Selalu Meningkat Setiap Tahun

”Ada 33 kebijakan diskriminatif lain yang kami temukan sampai Agustus 2016 ini. Ada satu kebijakan diskriminatif yang telah dibatalkan yakni larangan laki-laki dan perempuan berkeliaran di malam hari yang dibatalkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” kata Ketua Gugus Kerja Perempuan dalam Konstitusi dan Hukum Nasional Komnas Perempuan Khariroh Ali di Jakarta pada Kamis (18/8/2016).

Menurut Khariroh, tahun 2016 ini adalah tahun ketujuh pihaknya mengingatkan pemerintah atas jumlah kebijakan diskriminatif sejak tahun 2009.

Menurut analisis Khariroh, kebijakan yang diskriminatif itu umumnya mengatur ketertiban umum.

”Sayangnya, tidak ada batasan baku mengenai lingkup ketertiban umum ini, sehingga tak jarang mengatur seluruh aspek mulai dari pengaturan di jalan raya, kegiatan usaha, administrasi kependudukan, pornografi, hingga pengaturan ibadah,” tambahnya.

Dia menyatakan, pemerintah daerah tak jarang mengkriminalkan tindakan yang seharusnya dijamin oleh konstitusi, seperti hak berkumpul dianggap sebagai tindakan asusila.

”Di sini ada pengabaian asas praduga tak bersalah serta peraturan multitafsir,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tidak diperbolehkan masuk ke Amerika Serikat oleh US ...