Home > Teknologi > Yasonna Laoly Masih Berusaha Memulangkan WNI di Filipina

Yasonna Laoly Masih Berusaha Memulangkan WNI di Filipina

Jakarta – Ratusan WNI ditahan otoritas keamanan Filipina. Hal tersebut terjadi karena mereka terlibat masalah hukum. Yakni, pemalsuan identitas. Hal tersebut dilakukan untuk menunaikan ibadah haji.

Yasonna Laoly Masih Berusaha Memulangkan WNI di Filipina

Karena itu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly segera mengambil tindakan. Pihaknya pun kini sedang berusaha memulangkan 177 WNI tersebut. Segala cara pun akan ditempuh.

Ratusan WNI yang antara lain berasal dari Sulawesi dan Jawa itu sengaja memalsukan identitas dengan menggunakan paspor Filipina diduga karena kuota haji Indonesia yang terbatas.

”Tapi itu kan pelanggaran hukum dan mereka sekarang sedang ditahan oleh pemerintah Filipina. Kita berupaya bagaimana menyelesaikan ini dan mengembalikan mereka ke Indonesia,” ujar Menkumham saat ditemui di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (22/8/2016).

Selain melakukan pemeriksaan internal di beberapa kantor imigrasi yang meloloskan para WNI tersebut, Menkumham juga berkoordinasi dengan pemerintah Filipina dalam pengusutan kasus pemalsuan identitas yang diduga dilakukan sindikat tertentu.

”Tentu itu (sedang ditangani) otoritas Filipina karena WNI ini menggunakan identitas palsu padahal bukan warga negara (Filipina), tetapi (pemalsuan) itu dikoordinasi oleh sindikat baik dari Filipina maupun ada orang-orang kita di sini,” tutur Yasonna. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Suzuki Ecstar Nilai Kegagalan Musim Ini sebagai Investasi

Hamamatsu – Bos Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, meyakini kurang apiknya performa mereka pada musim ...