Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Tip Membuat Password yang Aman agar Tidak Mudah Dibobol

Inilah Tip Membuat Password yang Aman agar Tidak Mudah Dibobol

Jakarta – Password adalah salah satu elemen yang paling penting. Itu berguna untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data. Sebab, beberapa waktu ini, terjadi pembobolan password. Informasi pribadi pun tersebar. Akibatnya, orang lain pun dapat mengetahui rahasia Anda.

Inilah Tip Membuat Password yang Aman agar Tidak Mudah Dibobol

Sebagaimana diberitakan Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper pada Senin (22/8/2016), ada beberapa cara agar password sangat aman. Hal tersebut pun mencegah kebocoran data pribadi. Berikut ini cara-caranya.

1. Buatlah password yang tidak berhubungan dengan kita, keluarga, kesukaan, makanan kesukaan, bahkan bintang kesayangan.
2. Buatlah password berkarakter panjang, misalnya 20 karakter (untuk program recovery password versi trial akan susah untuk melacaknya).
3. Gunakan simbol-simbol tertentu di luar angka dan huruf misalnya penggabungan. Karakter-karakter tersebut biasanya sulit untuk ditebak.
4. Gunakan software generator password. Maksudnya untuk mengacak password atau mengenkripsi password. Kelemahannya cuma satu, sulit dihafalkan.
5. Jangan gunakan password yang ada dalam dictionary (kamus).
6. Gunakan sistem copy-paste untuk meng-inputpassword. Hal ini bisa menghindari hacking dengan keylogging.
7. perhatikan juga sambungan keyboard pada keyboard, karena bisa saja ada orang yang memasang sambungan (keylogger) pada keyboard Anda. Selamat mencoba.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kecanduan Smartphone ? Inilah Tip untuk Mengatasinya

Kecanduan Smartphone ? Inilah Tip untuk Mengatasinya

London – Terjadi peningkatan kebiasaan orang dewasa melihat smartphone mereka di Inggris, yakni menjadi 150 ...