Home > Ragam Berita > Nasional > KPAI Tegaskan Pencabulan Telah Mengancam Masa Depan Anak-Anak

KPAI Tegaskan Pencabulan Telah Mengancam Masa Depan Anak-Anak

Jakarta – Tanah air memang kerap diguncang kasus pencabulan. Hampir setiap hari ada berbagai masalah yang muncul. Karena itu, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh menegaskan bahwa pelaku upaya pencabulan harus dipidanakan.

KPAI Tegaskan Pencabulan Telah Mengancam Masa Depan Anak-Anak

”Dorongan itu sebagai komitmen negara untuk perang terhadap kejahatan seksual, khususnya terhadap anak,” kata di Jakarta pada Selasa (22/8/2016).

Menurut dia, hubungan seks bukan sekadar melampiaskan hasrat seksual semata, tetapi menjadi salah satu sarana untuk melahirkan anak. Bagian dari hak dasar anak adalah hak untuk memperoleh identitas.

Dia mengungkapkan, perzinaan, sodomi, homoseksual, pencabulan, pornografi dan berbagai kejahatan seksual telah mengancam anak-anak Indonesia. Perlu perang terhadap kejahatan seksual dengan memidanakan pelaku perzinaan dan pencabulan, termasuk sesama jenis.

”Karena perbuatan orang tua biologis yang tidak sah secara hukum maka anak yang terlahir menanggung akibat hukum, di samping juga menanggung beban sosial dan psikologis. Padahal anak terlahir tidak berdosa, tetapi secara sosiologis harus menanggung beban dari perbuatan orang tua biologisnya,” katanya.

Sementara itu, dalam undang-undang, kata dia, terkesan ada toleransi dan permisivisme terhadap kejahatan seksual di masyarakat, seperti tertuang dalam Pasal 284 dan 292 KUHP.

“Pasal 292 bisa dimaknai secara a contrario (makna kebalikan) ketika terjadi pencabulan sesama jenis saat sudah dewasa dibiarkan oleh hukum atau setidaknya tidak dianggap salah oleh pasal ini,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Foto Anggota Pramuka Makan Beralaskan Tanah Hebohkan Medsos, Ini Penjelasan Ketua Kwarnas Pramuka

Foto Anggota Pramuka Makan Beralaskan Tanah Hebohkan Medsos, Ini Penjelasan Ketua Kwarnas Pramuka

Jakarta – Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Ahdyaksa Dault mempersoalkan beredarnya sebuah foto yang memperlihatkan sejumlah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis