Home > Ragam Berita > Nasional > Ryamirzad Ryacudu Jelaskan Program Bela Negara Adalah Modal Sosial

Ryamirzad Ryacudu Jelaskan Program Bela Negara Adalah Modal Sosial

Jakarta – Terorisme kini menjadi momok tersendiri di tanah air. Karena itu, seluruh pihak diminta untuk memerangi hal tersebut. Nah, Menteri Pertahanan Ryamirzad Ryacudu berkomentar. Menurut dia, program bela negara bisa menjadi modal sosial untuk mengatasi ancaman terorisme.

Ryamirzad Ryacudu Jelaskan Program Bela Negara Adalah Modal Sosial

”Bela negara adalah modal sosial dari ancaman terorisme dan gerakan radikal,” ujarnya di Jakarta Pusat pada Kamis (25/8/2016).

Selain itu, alasan program bela negara dimasukkan pada kurikukum tingkat TK hingga perguruan tinggi untuk menjadi pondasi bangsa 10-20 tahun ke depan. Mantan KSAD itu menyebut, meski saat ini populasi Indonesia tergolong besar, tetapi masih rapuh jiwa kebangsaannya.

”Pendidikan dari TK-PT (taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi) kita harapkan 20 tahun ke depan bangsa ini kokoh. Sekarang banyak tapi tidak kokoh, karena jiwa kebangsaannya tipis, tipis sekali,” tambahnya.

Karena itu, lantaran Kemhan tidak bisa bekerja sendiri, Ryamirzad mengaku perlu untuk menyempurnakan kembali program bela negara. Terlebih untuk tujuan penguatan identitas kebangsaan dan keaadaran pancasila.

”Bela negara disempurnakan lagi biar seragam. Hanya satu kekuatan kita adalah dengan memperkuat identitas diri bangsa dan penanaman kesadaran bangsa dan pancasila. Kalau sudah bisa begitu, Indonesia hebat. Kita mulai dari bela negara. Kita bakar dengan bela negara agar bangsa ini menjadi kuat,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Fadli Zon Beberkan Alasan Partai Gerindra Berikan Dukung kepada Sudirman Said

Fadli Zon Beberkan Alasan Partai Gerindra Berikan Dukung kepada Sudirman Said

Jakarta – DPP Partai Gerindra akan mendeklarasikan dukungan secara resmi kepada mantan Menteri Energi dan ...