Home > Ragam Berita > Nasional > Penyandang Disabilitas Bakal Diakomodasi KPU DKI

Penyandang Disabilitas Bakal Diakomodasi KPU DKI

Jakarta – Jelang Pilgub DKI 2017, KPU melakukan beberapa pembenahan, mereka pun menjamin hak para penyandang disabilitas. Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta, Sumarno. Karena itu, pihaknya bakal menugaskan beberapa anggota untuk mengakomodasi hak politik para penyandang disabilitas tersebut.

Penyandang Disabilitas Bakal Diakomodasi KPU DKI

”Iya nanti untuk disabilitas akan kita berikan perlakuan khusus. Misal, tuna netra, kami akan berikan satu petugas yang sudah disiapkan,” kata Sumarno pada Kamis (25/8/2016).

Sumarno berharap, para penyandang disabiltas juga dapat didampingi oleh pihak keluarga. Namun jika tidak ada, KPU DKI telah menyiapkan Petugas di Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang sudah diberikan formulir terlebih dahulu untuk berjanji merahasiakan data dari pemilih.

”Sebelumnya petugas akan kami berikan formulir dan berjanji merahasiakan data si pemilih. Tapi lebih baik, mereka membawa keluarga untuk mendampingi,” katanya.

Selain itu, TPS akan disesuaikan dengan para penyandang disabilitas. TPS yang berada di tempat yang datar atau tidak bertangga-tangga serta pintu masuk yang lebih lebar bertujuan agar pengguna kursi roda dapat masuk. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Cak Imin Membantah Tudingan Ingin Menggeser Posisi Menteri Susi

Cak Imin Membantah Tudingan Ingin Menggeser Posisi Menteri Susi

Jakarta – Muhaimin Iskandar selaku Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) angkat bicara mengenai tudingan ...