Home > Ragam Berita > Internasional > PBB : Rusia Sepakati Gencatan Senjata di Aleppo

PBB : Rusia Sepakati Gencatan Senjata di Aleppo

Jenewa – Kondisi Aleppo kini sangat mencekam. Perang masih berlangsung di sana. Nah, saat itu, muncul kesepakatan gencatan senjata selama 48 jam. Rusia pun setuju dengan hal tersebut. PBB menjelaskan, gencatan senjata tersebut bakal digunakan untuk mengirimkan bantuan.

PBB : Rusia Sepakati Gencatan Senjata di Aleppo

Meski demikian, PBB selaku penggagas ide gencatan senjata sementara tersebut masih menunggu jaminan keamanan dari pihak-pihak lain yang bertempur di darat.

PBB meminta gencatan 48 jam per pekan di Aleppo untuk meringankan penderitaan dua juta warga Aleppo yang terjebak di tengah perang. Namun perbedaan sikap dari negara-negara besar, yang masing-masing mendukung kubu berbeda, mempersulit implementasi usulan itu.

”Federasi Rusia sudah sepakat untuk berhenti 48 jam, sekarang kami menunggu kesepakatan yang sama dari aktor-aktor di lapangan. Ini butuh waktu lebih panjang dari yang saya kira,” kata Jan Egeland, kepala satuan tugas humaniter PBB, kepada para repoter.

Sementara itu komentar sama disampaikan oleh Utusan Khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, yang juga masih menunggu pihak-pihak lain untuk kata sepakat.

”Kami siap, truk pengangkut bantuan sudah siap dan bisa langsung berangkat segera setelah kami mendapatkan persetujuan,” kata de Mistura.

Dia mengaku tengah menunggu hasil pertemuan pada Jumat antara menteri luar negeri Amerika Serikat dan Rusia sebelum berkomentar lebih jauh mengenai proses politk perdamaian di Suriah.

Sementara itu, suplai untuk wilayah barat akan dikirim melalui Damaskus. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

"Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan"

“Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan”

Mosul – Sejak dikuasai oleh pihak tentara Irak pada 10 Juli 2017, Mosul menjadi kota ...