Home > Ragam Berita > Nasional > Pembom Medan Akan Jalani Peradilan Anak

Pembom Medan Akan Jalani Peradilan Anak

Jakarta – IAH (17), pelaku serangan bom bunuh diri di rumah ibadah Santo Yosep Medan, bakal menjalani sistem peradilan anak. Sebab, IAH saat ini masih berusia di bawah umur.

Pembom Medan Akan Jalani Peradilan Anak

“Tetap sekali lagi perlakukannya masih dalam sistem peradilan pidana anak,” ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Agus Riyanto, Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2016).

Agus menambahkan, terdapat sejumlah tahapan yang harus dilakukan lantaran IAH masih di bawah umur. Untuk prosesnya berlaku sistem peradilan pidana anak.

“Untuk penangkapan sama dengan KUHAP yaitu 1×24 jam. Kemudian penahanan yang dilakukan oleh penyidik itu 7×24 jam dapat diperpanjang 8×24 jam oleh jaksa penuntut umum,” bebernya.

Di lain pihak, sejak 29 Agustus, IAH telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Densus 88 Antiteror Polri lantaran perbuatannya yang meresahkan pada saat itu.

“Jadi sekarang ditangani oleh teman-teman dari Densus 88, karena terkait dengan perbuatan pada saat itu. Karena dianggap ketakutan, jadi kenakan Undang-undang teroris,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

FPI Keberatan Dengan Perppu Ormas, Polri Sindir Ormas Yang Bertingkah Seperti Polisi

FPI Keberatan Dengan Perppu Ormas, Polri Sindir Ormas Yang Bertingkah Seperti Polisi

Jakarta – Front Pembela Islam (FPI) menyatakan keberatannya dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Perppu ...