Home > Ragam Berita > Nasional > Komisi Yudisial Ungkapkan Tiga Calon Hakim Lolos Uji Kelayakan

Komisi Yudisial Ungkapkan Tiga Calon Hakim Lolos Uji Kelayakan

Jakarta – Tiga calon hakim agung dinyatakan lolos uji kelayakan dan kepatutan. Hal tersebut diselenggarakan beberapa waktu lalu. Hal tersebut dilihat dari integritas. Mereka pun terbebas dari masalah hukum. Pernyataan tersebut diungkapkan Juru Bicara Komisi Yudisial (KY) Farid Wajdi.

Komisi Yudisial Ungkapkan Tiga Calon Hakim Lolos Uji Kelayakan

Tiga calon hakim agung yang diloloskan adalah Panji Widagdo untuk kamar perdata, Ibrahim untuk kamar perdata, dan Edi Riadi untuk kamar agama

Farid menilai, dalam proses seleksi calon hakim agung, ada baiknya DPR dan KY punya instrumen penilaian yang dibangun bersama. Cara itu agar tak banyak calon hakim agung yang tak lolos tes di DPR.

”Berkali-kali proses seleksi calon hakim agung, maka ada baiknya kedua lembaga memiliki instrumen penilaian yang dibangun bersama agar tidak lagi terlalu banyak calon yang gugur,” kata Farid pada Rabu (31/8/2016).

Menurut dia, gagalnya empat calon hakim agung lainnya karena faktor performa saat proses uji kelayakan dan kepatutan, bukan karena integritas dan kasus hukum.

”Dugaan ketidaklulusan ada pada faktor performa di moment fit and proper test, karena dari sisi integritas kami pastikan yang maju ke DPR adalah yang bersih. Hanya saja, ke depan KY perlu mengintensifkan komunikasi di antara kedua lembaga ini. Sebab kebutuhan untuk menyamakan perspektif dan parameter menjadi semakin urgen,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sekjen Hasto Geram Acara Pengobatan Gratis PDIP Dibubarkan FPI

Sekjen Hasto Geram Acara Pengobatan Gratis PDIP Dibubarkan FPI

Jakarta – Aksi tindak kekerasan yang dilakukan oleh anggota Front Pembela Islam (FPI) pada saat ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis