Home > Ragam Berita > Nasional > Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada Tanggal 12 September

Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada Tanggal 12 September

Jakarta – Lukman Hakim Saifuddin selaku Menteri Agama memastikan hari raya Idul Adha 1437 Hijriyah berlangsung pada 12 September 2016. Lukman mengungkapkannya dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Kementerian Agama pada hari ini, Kamis (1/9/2016) usai melangsungkan sidang isbat bersama sejumlah pihak terkait.

Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada Tanggal 12 September

“Dengan hitungan hisab dan laporan petugas ruqyah, bisa dipastikan besok atau mulai malam ini kita belum bisa masuk 1 Zulhijah. Maka bulan Zulqaidah ini dimaksimalkan menjadi 30 hari, dan besok adalah tanggal 30 Zulqaidah. Sehingga 1 Zulhijah jatuh pada hari Sabtu 3 September 2016,” ujar Lukman di Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

“Maka, Idul Adha yakni pada tanggal 10 Zulhijjah, akan bertepatan dengan tanggal 12 September. Jadi Idul Adha diputuskan jatuh pada hari Senin 12 September 2016,” ujarnya.

Dari hasil sidang itsbat kali ini, Lukman menjelaskan jika keputusan menggenapkan bulan Zulqaidah menjadi 30 hari, adalah karena pada tanggal 1 September atau 29 Zulqaidah ini, posisi hilal di seluruh wilayah Indonesia masih berada di bawah ufuk.
“Dan itu maknanya, secara hitungan hisab, hilal mustahil dapat dilihat,” kata Lukman.

Lukman menjabarkan, hasil perhitungan hisab ini juga telah dikonfirmasi dengan hasil ruqyat, di mana sebagian besar petugas ruqyat yang telah disebar oleh Kemenag di sejumlah titik di Indonesia, juga melaporkan hal yang sama perihal belum tampaknya hilal atau awal bulan baru.

“Kementerian agama telah menunjuk petugas di sejumlah titik di tanah air, dan dilaporkan oleh Urusan Islam Kemenag bahwa tidak satu pun petugas ruqyat berhasil melihat hilal,” kata Lukman.

Maka dari itu, Lukman berharap jika hari raya Idul Adha yang akan dirayakan secara bersama-sama oleh seluruh umat Muslim di Indonesia, nantinya bisa berjalan lancar, membawa keberkahan dan mempersatukan umat Muslim dalam menjalankan ibadahnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Berhasil Gagalkan Penyelundupan 1 Ton Sabu, Ini Kata Presiden Jokowi

Polisi Berhasil Gagalkan Penyelundupan 1 Ton Sabu, Ini Kata Presiden Jokowi

Jakarta – Presiden Joko Widodo memberikan apresiasinya terhadap keberhasilan Polri dalam menggagalkan upaya penyelundupan 1 ...